Hildayani, Maghfiroh (2022) Efektivitas Penerapan Interaksi Pembelajaran Satu Arah dalam Mata Pelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_Cover_PAI.pdf Download (9kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf Download (23kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_Lembar Pengesahan_PAI.pdf Download (240kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_Abstrak_PAI.pdf Download (6kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_Daftar Isi_PAI.pdf Download (8kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_BAB I_PAI.pdf Download (316kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_BAB IV_PAI.pdf Download (386kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (117kB) |
|
Text
Maghfiroh Hildayani_18381012099_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf Download (36kB) |
Abstract
Kata Kunci: Efektivitas, Interaksi Pembelajaran, Kitab Kuning Kajian kitab kuning merupakan kajian rutin yang wajib diikuti oleh santriwati di pondok pesantren Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan. Dalam proses kajian kitab, pola interaksi yang diterapkan dalam pembelajaran adalah pola interaksi pembelajaran satu arah, yang mana merupakan salah satu dari tiga bentuk pola interaksi yang paling terbatas dalam pelaksanaanya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti merumuskan tiga rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama apa penyebab digunakannya pola interaksi pembelajaran satu arah dalam mata pelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan. Kedua bagaimana pendapat santriwati terhadap peggunaan pola interaksi pembelajaran satu arah dalam mata pelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan. Ketiga bagaimana efektivitas penerapan pola interaksi pembelajaran satu arah dalam mata pelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Miftahul Qulub, Polagan, Galis, Pamekasan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berlatar di pondok pesantren putri Miftahul Qulub, Galis, Pamekasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengancara melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh adalah: (1) interaksi pembelajaran satu arah untuk diterapkan dalam kajian kitab kuning di sebabkan karena,Adab dan sopan santun sebagai santri.Santi putra dan santri putri yang tidak bisa digabung.Durasi waktu pembelajaran yang sedikit. (2) Kelebihan Penerapan pola interaksi satu arah adalah, Tidak ada interupsi dari pihak lain, Pembelajaran langsung ke poin-poin penting, fokus materi yang sedang di kaji bisa selesai dengan cepat dan mempersingkat durasi kajian. Kekurangannya, Tidak bisa bertanya jika ada harakat dan terjemah yang tertinggal dan jika ada penjelasan yang tidak dimengerti. (3) Penerapan interaksi pembelajaran satu arah dinyatakan efektif diterapkan dalam kajian kitab kuning dikarenakan faktor yang disebutkan diatas. Juga karena tercapainya tujuan utama pembelajaran kitab kuning yaitu agar santri dapat memahami materi pembelajaran dan dapat memperdalam ilmu-ilmu agama
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_014 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:35 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 01:35 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3377 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |