Sholihah, Ulfatus (2020) Wisata Lokal Sebagai Sarana Pembelajaran Di SDN Kowel III Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a Ulfatus Sholihah-20160701040236-Sampul-MPI.pdf Download (39kB) |
|
Text
c Ulfatus Sholihah-20160701040236-Halaman Persetujuan-MPI.pdf Download (22kB) |
|
Text
d Ulfatus Sholihah-20160701040236-Halaman Pengesahan-MPI.pdf Download (48kB) |
|
Text
e Ulfatus Sholihah-20160701040236-Abstrak-MPI.pdf Download (14kB) |
|
Text
f Ulfatus Sholihah-20160701040236-Daftar Isi-MPI.pdf Download (100kB) |
|
Text
g Ulfatus Sholihah-20160701040236-BAB I-MPI.pdf Download (54kB) |
|
Text
h Ulfatus Sholihah-20160701040236-BAB II-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
Text
i Ulfatus Sholihah-20160701040236-BAB III-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
Text
j Ulfatus Sholihah-20160701040236-BAB IV-MPI.pdf Download (102kB) |
|
Text
k Ulfatus Sholihah-20160701040236-BAB V-MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
l Ulfatus Sholihah-20160701040236-Daftar Pustaka-MPI.pdf Download (21kB) |
|
Text
b Ulfatus Sholihah-20160701040236-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf Download (23kB) |
Abstract
Kata Kunci : pengelolaan, wisata lokal dan sarana pembelajaran. Pendidikan merupakan tempat yang efektif untuk penyaluran ilmu, oleh karena itu kementrian lingkungan bekerjasama dengan kementrian pendidikan untuk merealisasikan program sekolah adiwiyata sebagai bentuk penyadaran dan penenaman pengetahuan terhadap lingkungan dan hidup bersih serta sehat. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlulah suatu metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan sekolah berbasis adiwiyata. dalam hal ini yang cukup efektif untuk pembejaran sekolah adiwiyata yakni memanfaatkan wisata lokal yang ada disekolah sebagai sarana pembelajaran, oleh karena itu perlulah pengelolaan yang signifikan pada wisata lokal agar efektif dijadikan sarana pembelajaran bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenemonologi. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, ketua dan operator tim adiwiyata, jajaran guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, wisata lokal sekolah sudah terealisasi sejak tahun 2016, adapun objek wisata lokalnya berupa green house, tanaman obat-obatan, kebun, hutan mini dan rumah kompos. Kedua, pengelolaan wisata lokal dilakukan dengan baik. Pengelolaan tersebut tidak hanya dikerjakan oleh para tukang kebun dan jajaran guru saja melainkan siswa juga ikut mengelola terhadap keberlangsungannya objek wisata sebagai sarana pembelajaran bagi siswa. Ketiga, wisata lokal ini sangat efektif dijadikan sebagai sarana pembelajaran karena bisa difungsikan sebagai metode pembelajaran Outdor Study dan Sumber pembelajaran kontekstual.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 07:22 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 08:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/338 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |