Analisis Pembelajaran Online Melalui Whatsapp Grup Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI A SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan

Latipah, Siti (2022) Analisis Pembelajaran Online Melalui Whatsapp Grup Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI A SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Siti Latipah_18381052085_Cover_PGMI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_Abstrak_PGMI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_BAB I_PGMI.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_BAB IV_PGMI.pdf

Download (466kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Siti Latipah_18381052085_Surat_Keaslian_Karya_PGMI.pdf

Download (385kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Online, Motivasi Belajar Pembelajaran online adalah sistem pembelajaran yang menggunakan koneksi internet dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran akan berhasil manakala seorang siswa memiliki motivasi atau antusiasme dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Motivasi dapat diartikan juga sebagai kekuatan, dorongan, kebutuhan, semangat, tekanan, mekanisme psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu: pertama apakah pembelajaran online melalui whatsapp grup dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Pademawu Barat I Pademawu Pamekasan, kedua bagaimana tahapan dan pelaksanaan pembelajaran online untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Pademawu Barat I Pademawu Pamekasan, dan ketiga apa saja kendala-kendala yang di hadapi dalam pembelajaran online untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Pademawu Barat I Pademawu Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informasi diperoleh dari kepala sekolah SDN Pademawu Barat I, Guru kelas VI.A, dan empat orang siswa kelas VI.A. Peneliti mengecek keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, pembelajaran online melalui whatsapp grup di kelas VI A SDN Pademawu Barat I dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kedua, Dalam proses pembelajaran guru menerapkan beberapa tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran online, seperti memberi salam pembuka, menanyakan kabar, mengirim penjelasan materi pemebelajaran, memberikan tugas dan lain sebagainya.. Ketiga, kendala-kendala yang dihadapi saat pembeajaran online yaitu, fasilitas elektronik(HP), jaringan, dukungan orang tua, kurangnya pengetahuan terhadap penggunaan aplikasi pada media elektronik. Namun terdapat beberapa solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pemebejaran online seperti, melakukan kegiatan guru kunjung, memberikan kouta gratis sesuai jaringan, melakukan pemantauan pada siswa secra pribadi, dan memilih aplikasi yang sering digunakan oleh masayarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:43
Last Modified: 27 Jan 2023 08:12
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3383

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item