Aulia Putri, Windi (2022) Efektivitas Pemberian Reward dan Ice Breaker dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 5 Di MI Darulmuta’alimin Sumber Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Windi Aulia Putri_18381052111_Cover_PGMI.pdf Download (97kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ Halaman Persetujuan Pembimbing_ PGMI.pdf Download (150kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ Lembar Pengesahan_ PGMI.pdf Download (208kB) |
|
Text
Widi Aulia Putri_ 18381052111_ Abstrak_ PGMI.pdf Download (200kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ Daftar Isi_ PGMI.pdf Download (94kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ BAB I _ PGMI.pdf Download (262kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ BAB II_ PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ BAB III_ PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ BAB IV_ PGMI.pdf Download (341kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ BAB V_ PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ DAFTAR RUJUKAN_ PGMI.pdf Download (222kB) |
|
Text
Windi Aulia Putri_ 18381052111_ Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_ PGMI.pdf Download (156kB) |
Abstract
Kata Kunci: Reward, Ice Breaker dan Minat Belajar Siswa. Reward merupakan salah satu cara guru dalam mengapresiasi siswa atas perbuatannya yang patut di puji. Sedangkan ice breaker merupakan permainan atau kegiatan yang sederhana, ringan dan ringkas yang berfungsi untuk mengubah suasana kebekuan, ketakutan, rasa bosan, atau mengantuk dalam pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, megetahui proses pemberian reward dan ice breaker dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di MI Darulmuta’alimin Sumber Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Kedua, mengetahui efektivitas pemberian reward dan ice breaker dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di MI Darulmuta’alimin Sumber Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru kelas 5, Siswa kelas 5. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Proses pemberian reward dan ice breaker dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di MI Darulmuta’allimin Sumber Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Dengan memberikan ice breaker pada awal pembelajaran supaya siswa bersemangat saat memulai pembelajaran bisa juga diberikan pada pertengahan pembelajaran supaya siswa tidak mudah mengantuk. Jenis ice breaker yang diberikan oleh guru berupa tepuk tangan dan yel-yel untuk mengembalikan suasana belajar yang kondusif. Sedangkan reward diberikan ketika guru memberikan pertanyaan kemudian siswa yang bisa menjawab diberikan reward. Penghargaan bisa berupa pujian, hadiah atau tambahan nilai dengan begitu siswa yang lain akan termotivasi untuk mengerjakan tugas dengan benar. Kedua, Efektivitas pemberian reward dan ice breaker dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5 di MI Darulmuta’allimin Sumber Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan. Sangat efektif diberikan pada saat pembelajaran untuk membangunkan semangat pembelajaran serta suasana kelas menjadi aktif karena pembelajaran yang menyenangkan dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 02:52 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:13 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3385 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |