Aini, Nurul (2022) Desain Tata Cahaya Ruang Kelas Dalam Membentuk Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Menyenangkan) Pada Siswa Mi Darul Akhlaq Toronan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Nurul Aini_18381052069_Cover_PGMI.pdf Download (210kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_Lembar Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf Download (361kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (331kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_Abstrak_PGMI.pdf Download (185kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (189kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_BAB I_PGMI.pdf Download (497kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_BAB IV_PGMI.pdf Download (452kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (392kB) |
|
Text
Nurul Aini_18381052069_Surat Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (216kB) |
Abstract
Kata Kunci: Desain Tata Cahaya, Ruang Kelas Desain adalah suatu seni terapan atau bisa dikatakan pencapaian atau hasil dari kekreatifan. Desain tata cahaya serta penataan ruangan serta menggunakan strategi atau metode pembelajaran secara baik yang harus dilakukan untuk bagiamana bisa terjadinya pembelajaran yang diinginkan yaitu pembelajaran dengan suasana yang kondusif, sehingga harus ada cara untuk menciptakan suasana yang kondusif. PAIKEM adalah merupakan suatu singkatan dari pembelajaran aktif inovatif kreatif dan menyenangkan, Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin di capai dalam dalam penelitian ini yang pertama yaitu untuk Untuk menjelaskan desain tata cahaya ruang kelas dalam membentuk PAIKEM pada siswa MI Darul akhlaq Toronan Pamekasan dan yang kedua untuk mendeskripsikan dampak desain tata cahaya ruang kelas dalam membentuk PAIKEM pada siswa MI Darul akhlaq Toronan Pamekasan, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang MI Darul Akhlaq Toronan Pamekasan menggunakan pencahayaan energi listrik dengan mempermudah akses pencahayaan hingga menjadi lebih efektif dan nyaman untuk pengkihatan, tidak menghambat kelancaran kegiatan dan tidak mengganggu kesehatan dalam ruangan tertentu, dan juga menggunakan desain penataan ruang kelas dan tempat duduk supaya bisa diatur dalam proses belajar, sehingga menciptakan keatifan bagi para siswa dan bisa memberikan prestasi yang baik serta terbentuknya mental yang kuat bisa aktif dan inovatif bagi siswa, dan yang kedua Proses belajar dalam kelas MI Darul Akhlaq Toronan Pamekasan sangat baik dan lancar bahkan tercipta pembelajaran yang menyenangkan karena efek keindahan dalam ruangan serta tercipta keaktifan bagi siswa dan efektif dalam proses belajar, kenyamanan dan kesenangan juga dirasakan oleh para siswa, model pembelajaran tercapai sesuai rencana ketika di lakukan penataan ruang dan melakukan desain tata cahaya dalam ruangan sehingga model pembelajaran yang direncakan itu tercapai seperti terciptanya siswa yang aktif dalam proses pembelajaran inovatif dan kreatif saat dalam melakukan segala sesuatu yang bersifat karya dan seni, serta efektif dalam pembelajaran dan merasakam kenyaman dalam kelas ketika saat pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:13 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 09:13 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3391 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |