Amir, Akhmad Rizal (2022) Penerapan Media Mock up dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SDN POLAGAN II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Akhmad Rizal Amir_18381051007_Cover_PGMI.pdf Download (116kB) |
|
Text
c) Akhmad Rizal Amir_18381051007_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf Download (111kB) |
|
Text
d) Akhmad Rizal Amir_18381051007_ Lembar Pengesahan_PGMI.pdf Download (154kB) |
|
Text
e) Akhmad Rizal Amir_18381051007_Abstrak_PGMI.pdf Download (87kB) |
|
Text
f) Akhmad Rizal Amir_18381051007_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (101kB) |
|
Text
g) Akhmad Rizal Amir_18381051007_BAB I_PGMI.pdf Download (325kB) |
|
Text
h) Akhmad Rizal Amir_18381051007_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
|
Text
i) Akhmad Rizal Amir_18381051007_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
|
Text
j) Akhmad Rizal Amir_18381051007_BAB IV_PGMI.pdf Download (856kB) |
|
Text
k) Akhmad Rizal Amir_18381051007_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
l) Akhmad Rizal Amir_18381051007_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (205kB) |
|
Text
b) Akhmad rizal amir_18381051007_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf Download (154kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Mock up, Keaktifan Belajar Siswa. Media pembelajaran merupakan perantara yang digunakan guru dalam menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran kepada siswa dan bersifat intruksional. Pembelajaran akan lebih efektif apabila komunikasi antara guru dan siswa berjalan dengan baik, sehingga materi yang disampaikan diterima dengan baik oleh siswa. Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran adalah keaktifan belajar siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru. Hal tersebut diakibatkan oleh kurang efektifnya komunikasi yang terjadi selama proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media mock up dan hasil penerapan media mock up dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SDN Polagan 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Ac tion Research). Sumber data yang diperoleh peneliti berupa wawancara (semi struktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (partisipan), dan dokumentasi dengan informasi kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Penerapan Media Mock Up dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusiayaitu memperlihatkan media mock up di masing-masing meja siswa, kemudian menanyakan fungsi sistem pencernaan manusia yang ada di media mock up, selanjutnya peneliti menjelaskan materi dengan menggunakan media mock up, setelah itu peneliti melakukan tanya jawab dengan siswa dan siswa diminta maju ke depan untuk menjelaskan materi dengan menggunakan media mock up tersebut.Hasil dari penelitian ini yaitu pada saat pra siklus persentase aktivitas siswa 36,36%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 54,54%, dilanjutkan pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 90,90%. Pada siklus II ini presentase aktivitas siswa sudah mencapai indikator yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 08:44 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 08:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3411 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |