Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ppkn Siswa Kelas 3 di SDN Murtajih 3 Pademawu

Isnaini, Nurul Laili (2022) Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ppkn Siswa Kelas 3 di SDN Murtajih 3 Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_Cover_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_Lembar-Persetujuan_pembimbing_PGMI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_Abstrak_PGMI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_BAB I_PGMI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_BAB IV_PGMI.pdf

Download (710kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaini_18381052071_ Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Nurul Laili Isnaiani_18381052071_Surat_Pernyataan_Keaslian_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (149kB)

Abstract

Kata Kunci: Numbered Head Together, Pembelajaran Ppkn Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan pembelajaran khusunya pada pelajaran Ppkn siswa kelas 3 SDN Murtajih 3 Pademawu. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti terlebih dahulu melakukan pengamatan pada siswa saat pembelajaran. Peneliti mengamati bagaimana proses pembelajaran yang di lakukan oleh guru dan siswa sebelum dilakukannya penelitian. Peneliti menemukan bahwa masih banyak siswa yang masih bermian-main pada saat pembelajaran berlangsung. Seperti masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru pada saat menerangkan pembelajaran. Siswa tidak mendengarkan penjelasan guru, masih banyak siswa yang hanya asik berbicara sendiri dan teman sebangku, ada juga yang hanya asik bermain dengan mainan yang di bawa dari rumah seperti mainan kartu wayang, dan malas mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan model pembelajaran Numbered Head Together pada pemebelajaran Ppkn, untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan pemebelajaran Ppkn , untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan pemeblajaran Ppkn. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Numbered Head Together melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tindakan dalam setiap siklus tardiri dari dua pertemuan, dalam setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yang merupakan tahapan dari Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan pembelajaran Ppkn siswa kelas 3 di SDN Murtajih 3 Pademawu. Hal ini dibuktikan dengan adanya perolehan nilai hasil dari belajara dimana menunjukkan total dari 26 siswa yang mengikuti tes siklus I nilai rata-rata mencapai nilai sebesar 66,15 dengan 8 orang siswa yang masih belum tuntas KKM. Sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya mencapai nilai sebesar 78,26 yanga artinya adanya peningkatan sebesar12,11.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:43
Last Modified: 07 Jul 2023 08:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3412

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item