Implementasi Pembelajaran Interaktif Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 di UPTD SDN Banyuanyar 4 Sampang

Rohmania, siti (2022) Implementasi Pembelajaran Interaktif Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 di UPTD SDN Banyuanyar 4 Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_Cover_PGMI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_Lembar_ Pengesahan_PGMI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_Abstrak_PGMI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_Daftar_ Isi_PGMI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_BAB I_PGMI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_BAB IV_PGMI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_Daftar_ Pustaka_PGMI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Siti Rohmania_18381052091_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (479kB)

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran interaktif, Metode Tanya jawab, Bahasa Indonesia Proses pembelajaran dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode yang tepat supaya kegiatan pembelajaran terlaksana secara efektif. Salah satunya seperti pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab sehingga siswa dapat merespon dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik terutama dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1) bagaimana implementasi pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab pada mata pelajara Bahasa Indonesia kelas 3 di UPTD SDN Banyuanyar 4 Sampang. (2) hasil dari pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 di UPTD SDN Banyuanyar 4 Sampang. (3) keunggulan dan kelemahan saat pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 di UPTD SDN Banyuanyar 4 Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru kelas 3 serta siswa kelas 3. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dalam perencanaan proses pembelajaran sebelum memulai pelajaran terlebih dahulu guru menentukan topik pembelajaran, membuat RPP, dalam implementasi pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. 2) Hasil dari pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dikatakan cukup bagus dalam meningkatkan keaktifan siswa. 3) Keunggulan dan kelemahan pembelajaran interaktif melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu siswa bisa bertanya tentang apa saja yang belum mereka ketahui mengenai materi yang sedang dipelajari dan menumbuhkan kepercayaan diri siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan kelemahannya yaitu akan memakan waktu yang cukup lama apabila tidak menemukan jawaban yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:57
Last Modified: 27 Jan 2023 08:17
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3418

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item