Jannah, Siti Nur (2022) Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Berbasis Tekhnologi Informasi Di Kelas VI MI Al Ikhlas Pasongsongan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Cover.pdf Download (203kB) |
|
Text
Pdf Halaman Persetujuan.pdf Download (139kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (191kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (88kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (192kB) |
|
Text
Bab I skripsi.pdf Download (398kB) |
|
Text
Bab II skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
BAB III Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
Bab IV Skripsi.pdf Download (445kB) |
|
Text
Bab V Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (187kB) |
|
Text
surat keaslian tulisan.pdf Download (399kB) |
Abstract
Kata Kunci : Minat Belajar, Tekhnologi Informasi. Dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembangunan karakter manusia yang lebih baik, tentu saja ada beberapa hal yang harus menjadi kunci perhatian bagi mereka yang mengkhususkan diri untuk berkecipung dalam dunia pendidikan. Dalam hal tersebut tentunya dibutuhkan minat belajar siswa, minat belajar siswa ditentukan dengan berbagai faktor media pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik yang cocok agar pembelajaran yang ditetapkan tercapai, minat juga merupakan rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas. Dalam peningkatan minat belajar tentunya dibutuhkan alat atau media yang bisa menarik minat belajar siswa salah satunya dengan penggunaan media Tekhnologi Informasi (LCD Proyektor). Media LCD Proyektor menjadi alat bantu dalam peningkatan minat belajar siswa karena penggunaan media tersebut mampu menampilkan gambar-gambar atau vidio yang berkiatan dengan pembelajaran. media tersebut di gunakan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa, siswa yang belajar dengan menggunakan media LCD Proyektor akan lebih meningkatkan minat belajar mereka. Ada tiga masalah yang mendasari penelitian ini. Pertama adalah bagaimana minat belajar siswa sebelum menggunakan media berbasis tekhnologi informasi (LCD Proyektor) di Kelas VI MI Al Ikhlas Pasongsongan Sumenep. Kedua, bagaimana bentuk peningkatan minat belajar siswa sesudah penggunaan media berbasis tekhnologi informasi (LCD Proyektor) di kelas VI MI Al Ikhlas Pasongsongan Sumenep. Dan ketiga, apa saja kendala penggunaan media tekhnologi informasi (LCD Proyektor) dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas VI MI Al Ikhlas Pasongsongan Sumenep. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif, pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, pengumpulan data tersebut dilakukan kepada guru dan siswa yang terlibat dalam proses belajar mengajar dikelas VI MI Al Ikhlas karena ingin mengetahui pendapat guru dan siswa tentang upaya peningkatan minat dengan menggunakan media LCD Proyektor di kelas VI MI Al Ikhlas Pasongsongan Sumenep. Hasil dari penelitian ini adalah dari fokus satu kurang adanya motivasi pada siswa, kurang adanya perhatian, dan kurang adanya keingintahuan pada siswa. Dan fokus dua dalam penggunaan media tersebut dapat mendorong siswa untuk lebih giat dalam belajar, dapat membuat siswa lebih perhatian dalam belajar, dan menbuat rasa ingin tahunya semakin bertambah. Dan dari fokus tiga kendala dalam penggunaan media tersebut adalah kurangnya sarana dan prasarana, dan guru kurang memahami dalam penggunaan media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71F ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 08:00 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 08:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3422 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |