Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

Arifin, St. Istiqomah (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_Cover_PGMI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_Abstrak_PGMI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_BAB I_PGMI.pdf

Download (422kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_BAB IV_PGMI.pdf

Download (953kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (403kB)
[img] Text
St. Istiqomah Arifin_18381052096_Lembar Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (528kB)

Abstract

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Problem Based Learning Hasil belajar Tematik di SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan terbilang rendah, terbukti dari rata-rata hasil hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 75. Hal ini dikarenakan metode belajar yang digunakan guru belumlah bervariasi, monoton, dan kurang melibatkan anak dalam belajar. Sehingga kurang memacu siswa berpikir aktif dan kreatif, jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, penerapan, dan hasil penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Adapun jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 2-3 Desember 2021 dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2022. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan dengan jumlah 16 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 4 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Tematik materi Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Agama. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa; (1) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% berada pada (katagori baik), dan meningkat pada siklus II sebesar 91,25% (kategori baik sekali). (2) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 56,25% (kategori cukup), dan meningkat pada siklus II sebesar 81,25% (kategori baik). Dengan demikian bisa dapat kita simpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Tematik sudah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan sudah tercapai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_051 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:28
Last Modified: 07 Jul 2023 02:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3484

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item