Pengaruh Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) Terhadap Pembentukan Kepercayaan Diri Peserta Didik di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan

Firdausiyah, Arika (2022) Pengaruh Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) Terhadap Pembentukan Kepercayaan Diri Peserta Didik di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAM ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_Cover_MPI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_Abstrak_MPI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_BAB I_MPI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_BAB IV_MPI.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Arika Firdausiyah_18381042021_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_MPI.pdf

Download (147kB)

Abstract

Kata Kunci: MOS, Kepercayaan Diri, Siswa MOS merupakan kegiatan penerimaan siswa baru dengan mengenalkan situasi dan kondisi lingkungan sekolah, yang meliputi lingkungan fisik dan lingkungan sosial sekolah. Pada umumnya kegiatan MOS seringkali disalahgunakan oleh siswa senior, yang mana digunakan sebagai ajang perploncoan. Untuk merespon tindakan negatif dalam kegiatan MOS di sekolah, perlu dengan adanya perubahan peraturan dari kepala sekolah. Karena hal tersebut erat kaitannya dengan rasa kepercaayaan diri peserta didik dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: pertama adakah pengaruh kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) terhadap pembentukan kepercayaan diri peserta didik di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan dan kedua seberapa besar pengaruh kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) terhadap pembentukan kepercayaan diri peserta didik di MTs. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi. Adapun pengambilan sampelnya menggunakan metode stratified random sampling yang merupakan pengambilan sampel secara acak dan bertingkat dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 61 siswa. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisa korelasi rank spearman dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) terhadap pembentukan kepercayaan diri peserta didik di MTs. Mifathul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji rank sperman yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 0,489 lebih besar dari nilai ttabel = 0,257 atau p�value = 0,000 <α = 0,05. Sehingga terjadi penolakan H0 (H1 diterima). Maka dapat dikatakan bahwa tedapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y dan kedua, besar pengaruh kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) terhadap pembentukan kepercayaan diri peserta didik adalah cukup dan positif yang berarti semakin bagus kegiatan MOS maka kepercayaan diri peserta didik semakin terbentuk dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71B ??
?? m71H ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 19 Jun 2023 05:02
Last Modified: 19 Jun 2023 05:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3500

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item