Ula, Laila Jannatul (2022) Peningkatan Karakter Siswa Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Miftahul Anwar 3 Desa Sejati. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_ Cover_PAI.pdf Download (124kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_Halaman Persetujuan_PAI.pdf Download (203kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_Halaman Pengesahan_PAI.pdf Download (45kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_ABSTRAK_PAI.pdf Download (186kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_Daftar Isi_PAI.pdf Download (89kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_BAB I_PAI.pdf Download (200kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_BAB IV_PAI.pdf Download (664kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_Daftar Pustaka_PAI.pdf Download (219kB) |
|
Text
Laila Jannatul Ula_18381012090_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf Download (134kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peningkatan karakter, Mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lembaga Mts Miftahul Anwar 3 di Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, mayoritasvsiswa disana memiliki perilaku yang baik, baik dari sikap, kesopanan, kedisiplinan dan lai-lain sehingga Mts ini ada peningkatan karakter, Mts Miftahul Anwar 3 ini dalam peningkatan karakter melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode pemahaman, pengulangan, keteladanan .yang bertujuan untuk mengubah karakter/ perilaku siswa dengan baik. Dalam penelitian ini ada tiga fokus penelitian antara lain sebagai berikut: Pertama Upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan Nilai-nilai Karakter terhadap Siswa Di Mts Miftahul Anwar 3 Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Kedua Fakta-fakta peningkatan karakter siswa melalui Mata pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Miftahul Anwar 3 Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Ketiga bagaimana kesulitan /tantangan dalam peningkatan karakter Siswa Di Mts Miftahul Anwar 3 Desa Sejati, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi non partisipan, dokumentasi, dan yang menjadi narasumber/ informan adalah Kepala sekolah, Guru mata pelajaran Akidah Akhlak, Siswa di Mts Miftahul Anwar 3. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Upaya guru Akidah Akhlak dalam menanamkan karakter terhadap siswa. Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak memberikan pembiasaan terhadap anak agar terbiasa melakukan tingkah laku yang berkarakter, dan menambah kegiatan dengan mengaplikasikan tingkah laku dan sikap yang berkarakter dan memberi contoh yang baik. Seperti halnya mengajak siswa dan siswi sebelum masuk melaksanakan sholat bersama, setelah itu membaca surah yasin bersama dimana kegiatan ini dilakukan rutinitas setiap hari, untuk mata pelajaran akidah akhlak satu minggu sekali. Kedua Fakta-fakta peningkatan karakter siswa melalui Mata pelajaran Akidah Akhlak. Membuat program-program seperti, guru sudah sudah berada dalam kelas 5 menit sebelum jam pertama dimulai, Sebelum memulai pelajaran, terlebih dahulu memandu pembacaan surat yasin yang dipimpin ketua kelas, Semua guru berpakaian rapi,bersih dan berkopiyah hitam ( untuk laki-laki) dan berbusana muslim (untuk perempuan), guru harus memenuhi target kurikulum diakhir semester minimum 80% dan program yang telah ditentukan, sebelum memberikan materi semua guru harus membuat dan menyetor perangkat pembelajaran yang disampaikan,selesai memberikan materi semua guru memberikan ulangan harian sesuai dengan materi pembelajaran. Ketiga Kesulitan /tantangan dalam peningkatan karakter Siswa. Seperti keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru dalam mendidik siswa, perbedaan didikan antara lingkungan sekolah dan rumah yang mengakibatkan siswa tidak dapat mengembangkan karkater yang baik. Kendala lainyang dihadapi guru juga berkaitan dengan kurangnya kesadaran siswa dalam menerapkan nilainilai atau karakter yang telah diajarkan oleh guru, sarana prasana yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m_014 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 03:52 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 03:52 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3511 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |