Hidayat, Moh. Rifki (2021) Peningkatan Keaktifan Siswa Menggunakan Strategi Belajar Team Quiz pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MI Al-Gufron Tahun Ajaran 2020/2021. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201550057 COVER PGMI.pdf Download (39kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201501050057 LEMBAR PERSETUJUAN PGMI.pdf Download (67kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201501050057 HALAMAN PENGESAHAN PGMI.pdf Download (137kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201501050057 ABSTRAK PGMI.pdf Download (8kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIIDAYAT 18201501050057 DAFTAR ISI PGMI.pdf Download (13kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201501050057 BAB 1 PGMI.pdf Download (254kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201550057 BAB II PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201550057 BAB III PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201550057 BAB IV PGMI.pdf Download (455kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201550057 BAB V PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201550057 DAFTAR PUSTAKA PGMI.pdf Download (221kB) |
|
Text
MOH RIFKI HIDAYAT 18201550057 KEASLIAN TULISAN PGMI.pdf Download (123kB) |
Abstract
Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Strategi Belajar Team Quiz, , Mata Pelajaran IPS. Proses belajar mengajar di kelas V MI Al Gufron pada mata pelajaran IPS dilakukan dengan metode ceramah dimana hanya guru yang memberikan informasi sedangkan siswa hanya mendengarkan. Siswa kurang perhatian dan tidak antuis dalam mengikuti pelajaran. Siswa tidak berani memberikan pendapat karena yang aaktif hanya guru. Perubahan model pembelajaran sangat penting untuk mencapai maksimalnya hasil pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai untuk permasalahan siswa kurang aktif adalah Pembelajaran Kooperatif tipe Team Quiz. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana keaktifan siswa setelah menggunakan strategi belajar team quiz pada siswa kelas V mata pelajaran IPS MI Al-Gufron Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan adalah strategi team quiz yang dikolaborasikan dengan small discussion. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa telah terjadi peningkatan keaktifan siswa setelah menggunakan strategi belajar team quiz pada siswa kelas V mata pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai keaktifan siswa pada pra siklus sebesar 64,4%, siklus I sebesar 73,0% dan pada siklus II sebesar 86,1%. Hal ini disebabkan karena siswa disatukan dalam kelompok kecil yang dapat membantu mengatasi rasa malu untuk berpendapat. Siswa lebih mudah untuk memberikan pendapat dan menjawab pertanyaan karena ruang lingkupnya lebih kecil. Dengan adanya kompetisi dalam bentuk quiz akan lebih memacu siswa untuk dapat lebih unggul dibandingkan kelompok lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 07:14 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 08:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3524 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |