Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Vi Di Sdn Somalang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasa

Wahyuni, Erlin Tri (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Vi Di Sdn Somalang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_Cover_PGMI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_Halaman_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_Abstrak_PGMI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_Kata_Pengantar_PGMI.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (724kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_BAB I_PGMI.pdf

Download (710kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_BAB IV_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_Daftar_Rujukan_PGMI.pdf

Download (0B)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_Surat_Pernyataan_Keaslian_PGMI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Erlin Tri Wahyuni_18381052021_Lampiran_PGMI.pdf

Download (0B)

Abstract

Kata Kunci : Kooperatif Learning,Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),SDN Somalang. Sains atau ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI). Berdasarkan pengamatan sebagian siswa beranggapan bahwa IPA merupakan pelajaran yang kurang diminati karna dinilai membosankan dalam pembelajarannya termasuk oleh siswa SDN Somalang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Dengan demikian guru memerlukan adanya inovasi- inovasi baru dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa khususnya pada mata pelajaran IPA Tersebut. Inovasi yang dapat guru lakukan adalah merencanakan model pembelajaran yang baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran cooperative learning. Dalam model pembelajaran cooperative learning siswa dapat aktif pada proses pembelajaran sehingga dapat meingkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang penerapan model pembelajaran Cooperatif Learning dengan judul penelitian “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran IPA Kelas VI di SDN Somalang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan”. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penulis menggunakan sumber data primer. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan tekhnik analisis datanya diperoleh dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui teknik trianggulasi peningkatan ketekunan pengamat. Adapun tahapan penelitian yang digunakan ada 3 tahapan : a.) tahap pra lapangan b.) tahap kegiatan lapangan c.) tahap pelaporan. Hasil penelitian yang didapatkan tentang Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada mata pelajaran IPA Kelas VI di SDN Somalang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan adalah 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif learning dilakukan oleh guru dengan beberapa tahapan, mulai dari pemberian pengetahuan dasar tentang model pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran, sesi tanya jawab, pembentukan kelompok, pemberian tugas kelompok, presentasi, dan terkahir pemberian reward pada kelompok terbaik. 2) Faktor penduduk dari penerapan model pembelajara kooperatif learning pada mata pelajaran IPA Kelas IV di SDN Somalang yaitu, Kompetensi guru, Lingkungan sekolah, Sarana dan Prasarana, dan Kebisasaan siswa (Game)/Pemberian reward. 3) Faktor penghambat dari penerapan model pembelajara kooperatif learning pada mata pelajaran IPA Kelas IV di SDN Somalang yaitu,Siswa kurang mampu dalam mempresentasikan hasil kerja, Beground siswa, dan Perbedaan karakter dan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:35
Last Modified: 27 Jan 2023 08:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3527

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item