Muyasaroh, Tri Hofifatul (2022) Penerapan Metode Pembiasaan dalam Mengembangkan Nilai Moral pada Anak Usia Dini di TK Kartika IV-86 Kelurahan Barurambata Kota Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_Cover_PIAUD.pdf Download (51kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_Lembar Persetujuan Pembimbing_PIAUD.pdf Download (101kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf Download (159kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_Abstrak_PIAUD.pdf Download (8kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_Daftar Isi_PIAUD.pdf Download (31kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_BAB I_PIAUD.pdf Download (76kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_BAB IV_PIAUD.pdf Download (91kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_Daftar Pustaka_PIAUD.pdf Download (42kB) |
|
Text
Tri Hofifatul Muyasaroh_18381062105_Keaslian tulisan_PIAUD.pdf Download (153kB) |
Abstract
Kata Kunci: Perkembangan Nilai Moral, Metode Pembiasaan Penanaman nilai moral harus diamalkan kepada peserta didik sejak usia dini dengan menggunakan metode pembiasaan untuk mengembangkan nilai-nilai yang positif. Penanaman nilai moral agar dapat diterapkan oleh peserta didik memerlukan dukungan oleh pihak-pihak terkait seperti orang tua, lembaga pendidikan, maupun pihak-pihak lain. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam mengembangkan nilai moral pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Kelurahan Barurambat Kota Pamekasan? Kedua, bagaimana hasil perkembangan nilai moral anak usia dini menggunakan metode pembiasaan di TK Kartika IV-86 Kelurahan Barurambat Kota Pamekasan? Penelitian ini termasuk dalam penelitian fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini fokus pada subjek peserta didik kelompok A. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggali melalui sumber data premier dan sumber data sekunder. Kemudian setelah data-data yang dibutuhkan terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan nilai moral pada anak usia dini di TK Kartika IV-86 Kelurahan Barurambat Kota Pamekasan diperlukan cara dalam menyampaikan moral dengan menerapkan metode pembiasaan terhadap anak yakni menyiapkan lingkungan yang kondusif, bersikap edukatif dan mampu menstimulasi berbagai pengembangan, meberikan dukungan secara kolaboratif dan bimbingan dalam kegiatan belajarnya di sekolah tersebut yang dilaksanakan oleh tenaga pendidik, memberikan kegiatan bermain yang bernuansa penanaman moral yang sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak untuk melakukannya, melakukan penilaian proses terhadap perkembangan moral anak untuk memantau tingkat keberhasilan dan perubahan sikap serta perilaku yang muncul, memberikan kegiatan yang mampu menstimulus kerja sama, toleransi, dan saling setia kawan, melakukan kegiatan pembiasaan, khusunya dalam menanamkan pendidikan moral bagi anak yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan, dan membawa anak ke dalam situasi yang nyata untuk mengenalkan pendidikan moral. Dengan demikian, penerapan metode pembiasaan dalam mengembangkan nilai moral pada anak usia dini menunjukkan mengalami perkembangan yang baik sesuai dengan tingkat pencapaian perkemabangan anak dengan indikator pencapaian sebagai berikut, membiasakan bersalaman dengan menggunakan kedua tangan, mengucap salam, bertutur kata yang baik, menjaga kebersihan, serta perilaku-perilaku yang baik lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:14 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 01:37 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3533 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |