Penggunaan Metode Think-Talk-Write dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu

Irmawati, Ayu (2022) Penggunaan Metode Think-Talk-Write dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a). Ayu Irmawati_18381072027_Cover_TBIN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
c). Ayu Irmawati_18381072027_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
d). Ayu Irmawati_18381072027_Lembar_Pengesahan_TBIN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
e). Ayu Irmawati_18381072027_Abstrak_TBIN.pdf

Download (91kB)
[img] Text
f). Ayu Irmawati_18381072027_Daftar_Isi_TBIN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
g). Ayu Irmawati_18381072027_BAB I_TBIN.pdf

Download (344kB)
[img] Text
h). Ayu Irmawati_18381072027_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
i). Ayu Irmawati_18381072027_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
j). Ayu Irmawati_18381072027_BAB IV_TBIN.pdf

Download (272kB)
[img] Text
k). Ayu Irmawati_18381072027_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
l). Ayu Irmawati_18381072027_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
b). Ayu Irmawati_Surat_pernyataan_keaslian_tulisan_TBIN.pdf

Download (223kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Think-Talk-Write, Keterampilan Menulis, Teks Berita Pembelajaran keterampilan menulis teks berita menjadi hal yang sangat penting untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu. Namun, sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam menuangkan ide dan imajinasinya dalam menulis. Maka dari itu, guru dituntut untuk memilih metode yang tepat, salah satunya dengan menggunakan metode Think-Talk-Write. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini memiliki fokus bagaimana guru merencanakan penggunaan metode Think-Talk-Write, bagaimana guru menggunakannya, serta bagaimana hasil penggunaan metode Think-Talk-Write dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pengajar bahasa Indonesia kelas VIII dan siswa kelas VIII C dan D SMP Negeri 1 Pademawu sebanyak 62 orang. Adapun prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan, dan melakukan dokumentasi. Kemudian, dilakukannya analisis data untuk mendapatkan jumlah temuan penelitian. Selain itu, untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, uraian rinci, serta triangulasi sumber data dan metode (observasi, wawancara dan dokumentasi). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama, guru merencanakan penggunaan metode Think-Talk-Write dengan beberapa persiapan seperti, menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), jurnal mengajar, buku pegangan guru dan rangkuman materi. Kedua, guru dalam menggunakan metode Think-Talk-Write disesuaikan dengan langkah-langkah yakni, guru menjelaskan materi teks berita dengan bahasa yang mudah dimengerti siswa. Kemudian, siswa dituntut untuk berpikir (Think), mengingat contoh kejadian apa yang pernah dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, siswa dituntut berdiskusi (Talk) bersama kelompok dan menuliskannya (Write) dalam bentuk teks berita yang utuh, kemudian membahas bersama hasil kerja kelompok untuk direvisi. Ketiga, hasil dari penggunaan metode Think-Talk-Write menghasilkan dampak positif yang dapat dirasakan secara langsung oleh guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu. Adanya metode ini membuat siswa paham tentang materi teks berita, lebih berani dan aktif, mengurangi rasa grogi dan malu, serta mengasah keterampilan menulis siswa. Dibuktikan dengan nilai siswa yang rata-rata mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) setelah diberikannya tugas membuat teks berita yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:35
Last Modified: 30 Jan 2023 01:40
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3535

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item