Umam, Khairul (2022) Ketersediaan Sumber Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
KHAIRUL UMAM_ 20160701070050_CAVER TBIN.pdf Download (99kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM 20160701070050 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (668kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM 20160701070050 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM_ 20160701070050_ABSTRAK TBIN.pdf Download (53kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM_ 20160701070050_DAFTAR ISI TBIN.pdf Download (142kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM_ 20160701070050_BAB I TBIN.pdf Download (220kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM_ 20160701070050_BAB II TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM_ 20160701070050_BAB III TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM_ 20160701070050_BAB IV TBIN.pdf Download (216kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM_ 20160701070050_BAB V TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM_ 20160701070050_DAFTAR PUSTAKA TBIN.pdf Download (52kB) |
|
Text
KHAIRUL UMAM 20160701070050 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Ketersediaan Sumber Belajar, Meningkatkan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomina tentang Ketersediaan Sumber Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan. Dalam interaksi guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam penggunaan sumber belajar untuk meningkatkan prestasi siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang dimaksud yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga faktor yang menjadi kajian pokok, yaitu: Pertama. Sejauh manakah ketersediaan sumber belajar bahasa Indonesia siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan? Kedua: Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat ketersediaan sumber belajar bahasa Indonesia siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan? Ketiga: Bagaiman solusi sekolah dalam mengatasi faktor penghambat dalam menyediakan sumber belajar bahasa Indonesia siswa di SMP Negeri 1 Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif sebagai pendekatan penelitian yang deskriptif. Sumber datanya adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan dan peneliti sebagai instrumennya, sedangkan pengumpulan data, peneliti menggunakan tiga prosedur yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, informasinya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan keikutsertaan, ketekunan pengamat, tringulasi dan uraian rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ketersediaan sumber belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri 1 Pamekasan, guru merencanakan pembelajaran dengan cara membuat RPP, sekolah menyediakan buku paket, sekolah menyediakan e book berupa media elektronik. Kedua: faktor pendukung dan penghambat ketersedian sumber belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri 1 Pamekasam. Faktor pendukung yaitu, sekolah menyediakan sarana dan prasarana, menggunakan laptop dan tablet, menggunakan wifi dan laboratorium kumputer. Faktor penghambat yaitu, pengadaan bos untuk melengkapi sumber belajar semisal proyektor yang menunggu giliran, biaya untuk memperbaiki sumber belajar sudah tersedia seperti komputer. Ketiga:Solusi sekolah menggandakan pendanaan untuk biaya pembelian dan perawatan sumber belajar, sekolah memfungsikan petugas inventaris untuk memperbaiki sumber belajar yang disediakan sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 03:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3543 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |