Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong

Wulandari, Amrita (2022) Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Amrita Wulandari-18381072021-Cover TBIN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Amrita Wulandari_18381072021 Halaman Persetujuan TBIN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Amrita Wulandari-18381072021, Halaman Pengesahan, TBIN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Amrita Wulandari_18381072021 Abstrak TBIN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Amrita Wulandari-18381072021-Daftar Isi TBIN .pdf

Download (86kB)
[img] Text
Amrita Wulandari_18381072021 BAB I TBIN.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Amrita Wulandari_18381072021 BAB II TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
Amrita Wulandari_18381072021 BAB III TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
Amrita Wulandari_18381072021 BAB IV TBIN.pdf

Download (541kB)
[img] Text
Amrita Wulandari_18381072021 BAB V TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
Amrita Wulandari_18381072021 Daftar Pustaka TBIN.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Amrita Wuladari-18381072021-Keaslian Tulisan, TBIN.pdf

Download (188kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, bahasa Indonesia, covid-19 Pembelajaran adalah salah satu kegiatan yang meliputi pentransferan bahasa yakni didalamnya terdapat orang yang melaksanakan kegiatan dalam mengajarkan sesuatu dan mereka yang melaksanakan kegiatan dalam menerima sesuatu. Pembelajaran bahasa Indonesia dimasa pandemi ini berlangsung-Nya baik dirumah ataupun disekolah. Adannya sistem pembelajaran khususnya, dimasa pandemi covid-19 tersebut diantara sistem yang telah terpakai di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong diantaranya adalah sistem daring, ganjil genap dan luring. Dalam penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, bagaimana efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemic covid-19 di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong. Kedua, bagaimana inovasi sekolah dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia dimasa pandemi covid-19. Ketiga, bagaimana kendala guru dalam menerapkan sistem luring dan daring pada pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemi covid-19 pada pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini melalui wawancara tidak terstruktur didalamNya peneliti melakukan observasi partisipasi, dan dokumentasi, yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru bahasa Indonesia dan sebagian peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama,efektifitas pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong bisa dikatakan tidak efektif karena masa pandemi dengan penetapan sistem daring pendidik hanya bisa memberikan materi dan tugas. Peserta didik membutuhkan penyesuaian dengan berubahnya sistem yang pada dasarnya sistem luring berubah menjadi daring dan sebagian peserta didik lalai dalam hal tugas sehingga, efektivitas tersebut dapat dikatakan tidak efektif. Kedua, adannya inovasi sekolah dengan memanfaatkan salah satu media elektronik dengan tujuan pembelajaran tersebut lebih kreatif dan inovatif. Diantara media elektronik yang telah terpakai khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Sumber Bungur Pakong adalah seperti Whatshapp dan Emaspa (elearning madrasah Pakong) Ketiga, Kendala yang dihadapi saat proses belajar khususnya, dimasa pandemic covid- 19 sebagian peserta didik tidak mempunyai handphone dan jaringan internet kurang stabil sehingga, guru mengalami kesulitan dalam menuntaskan pembelajaran dan adannya batasan waktu khususnya di masa pandemi covid-19 dengan kendala tersebut pembelajaran dapat dikatakan tidak efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:03
Last Modified: 30 Jan 2023 02:16
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3576

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item