Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan

Kartika, Sari (2022) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_COVER_PBS.pdf

Download (18kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_PBS.pdf

Download (215kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_LEMBAR PENGESAHAN_PBS.pdf

Download (95kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_ABSTRAK_PBS.pdf

Download (113kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_DAFTAR_ISI_PBS.pdf

Download (37kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_BAB I_PBS.pdf

Download (283kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_BAB IV_PBS.pdf

Download (493kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_DAFTAR PUSTAKA_PBS.pdf

Download (153kB)
[img] Text
SARI KARTIKA_18383022166_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_PBS.pdf

Download (108kB)

Abstract

Kata Kunci : Relationship Marketing, Loyalitas Anggota. Perbankan dituntut untuk menemukan dan membangun sistem pemasaran yang mampu secara profesional meretensi para nasabahnya. Relationship Marketing yang baik dan optimal terbukti mampu untuk mempertahankan serta meningkatkan loyalitas nasabah. Oleh karena itu, perusahaan di tuntut untuk mampu memupuk keunggulan kompetetifnya masing – masing melalui upaya – upaya yang kreatif, inovatif dan efisien. Apalagi telah terjadi pergeseran paradigma, dari pemasaran transaksional (transactional marketing) menuju pemasaran relasional (relationship marketing). Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : pertama apakah Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan. Kedua, seberapa besar berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan. Dengan tujuan pertama, untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan Relationship Marketing terhadap loyalitas anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan. Kedua, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis yang berjumlah 2.708 anggota. Sedangkan untuk penentuan jumlah sampel peneliti menggunakan rumus Sample Cross Sectional sehingga diperoleh sampel sebanyak 93 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan. Berdasarkan uji parsial (uji-t) diperoleh nilai thitung 2,015 > ttabel 1,990 dengan taraf Sig. 0,047 < 0,05. Kedua, Dari hasil koefisien determinasi di peroleh nilai R Square 0,043 (4,3%) yang menunjukkan bahwa besarnya pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan sebesar 4,3% sedangkan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di perhitungkan dalam analisis ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:51
Last Modified: 14 Jun 2023 07:51
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3588

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item