Penerapan Metode cerita Pada Anak Usia Dini Yang Mengalami Keterlambatan Dalam Berbiacra (Speech Delay) di TK Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Aini, Qurratul (2022) Penerapan Metode cerita Pada Anak Usia Dini Yang Mengalami Keterlambatan Dalam Berbiacra (Speech Delay) di TK Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Qurratul Aini_18381062070_Cover_PIAUD.pdf

Download (201kB)
[img] Text
c) Qurratul Aini_18381062070_Lembar Persetujuan Pembimbing_PIAUD.pdf

Download (436kB)
[img] Text
d) Qurratul Aini_18381062070_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (235kB)
[img] Text
e) Qurratul Aini_18381062070_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (285kB)
[img] Text
f) Qurratul Aini_18381062070_Daftar Isi_PIAUD.pdf

Download (291kB)
[img] Text
g) Qurratul Aini_18381062070_BAB I_PIAUD.pdf

Download (520kB)
[img] Text
h) Qurratul Aini_18381062070_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
i) Qurratul Aini_18381062070_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
j) Qurratul Aini_18381062070_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (467kB)
[img] Text
k) Qurratul Aini_18381062070_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
l) Qurratul Aini_18381062070_Daftar Pustaka_PIAUD.pdf

Download (298kB)
[img] Text
b) Qurratl Aini_18381062070_Pernyataan Keaslian_PIAUD.pdf

Download (212kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Cerita, Keterlambatan Berbicara (Speech Delay), Anak Usia Dini Peneliti mengambil pembahasan tentang menerapkan metode cerita pada anak yang (speech delay) yang menurut peneliti layak dibahas dan dipermasalahkan. Menerapkan metode cerita pada anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara sangat penting dilakukan agar anak dapat berbicara dengan baik dan benar. Memiliki percaya diri, dan tidak malu. Usia anak yang seharusnya bisa mengenal dunia bermain dan dunia berinteraksi dengan teman-temannya serta mengenal beragam hal termasuk belajar berbicara dan segala hal yang berkaitan dengan produksi bahasa dan kata-kata. Tetapi dalam penerapan metode cerita pada anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara pastikan ada faktor penghambatnya. Fokus penelitian ini ada dua, yaitu: Pertama Bagaimana cara menerapkan metode cerita pada anak usia dini yang mengalami keterlambatan dalam berbicara (speech delay) di TK AlHidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Kedua faktor apa yang menghambat dan bagaimana cara mengatasi anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara (speech delay) di TK Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini mengidentifikasi mengenai masalah penerapan metode cerita dan faktor penghambat serta cara mengatasi anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara (speech delay) di TK Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dimana sumber yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapaun yang menjadi informan adalah kepala sekolah dan guru kelas, untuk pengecekan keabsahan data melalui pengematan terus-menerus, memperpanjang masa observasi dan triangulasi. Dari hasil penelitian didapat bahwa: Pertama penerapan metode cerita pada anak usia dini yang mengalami keterlambatan dalam berbicara (speech delay) di TK Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Hal ini anak diharap untuk diberikan perhatian lebih dari orang tua khususnya melalui kegiatan membaca buku cerita. Kedua faktor penghambat serta cara mengatasi anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara (speechdelay) di TK Al-Hidayah Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan ada beberapa faktor yang menjadi penghambat anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara yaitu anak jadi pendiam tidak percaya diri, anak merasa kata-kata yang digunakan adalah rumit. Cara mengatasinya anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara dengan sering mengajak ngobrol, sering ikut serta dalam percakapan, membacakan cerita serta menanggapi perkataannya dan perbaiki jika ada ucapan yang kurang benar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:07
Last Modified: 31 Aug 2022 01:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3600

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item