Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan

Yuli, Alfrida (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_CAFER_PIAUD.pdf.pdf

Download (71kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_Halaman persetujuan_PIAUD.pdf

Download (130kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (183kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_ABSTRAK_PIAUD.pdf.pdf

Download (288kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf.pdf

Download (275kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_BAB I_PIAUD.pdf.pdf

Download (437kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_BAB II_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_BAB III_PIAUD.pdfI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_BAB IV_PIAUD_.pdf.pdf

Download (704kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_BAB V_PIAUD.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_ DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf.pdf

Download (305kB)
[img] Text
AFRIDA YULI_18381062003_Pernyataan Keaslian Tulisan_PIAUD.pdf

Download (226kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak. Strategi adalah suatu prosedur yang akan digunakan untuk memperoleh sebuah kesuksesan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kepala PAUD adalah seorang pemimpin yang memimpin suatu lembaga pendidikan khususnya pendidikan PAUD yang mengelola serta menggerakkan bawahannya (guru dan siswa) untuk mencapai tujuan pendidikan. Nilai-Nilai agama dan moral marupakan pembelajaran suatu perkembangan sikap, watak, adat istiadat seorang anak untuk benar-benar diperhatikan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh KB Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan, guru dan siswa yang masih belum menerapkan strategi tersebut dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral pada anak, hal ini disebabkan kurangnya sikap Pembisaan atau pengulangan, keteladanan dan kemitraan seorang pemimpin fenomena yang menarik yang ditemukan peneliti di KB Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan pamekasan. Berdasarkan hal tersebut ada 2 fokus dalam penelitian ini yakni: Pertama Untuk mengetahui Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan NilaiNilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini di KB Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan. Kedua Untuk Mengetahi Apa Saja Kendala Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini di KB Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan. Janis penelitian yang digunakan peneliti di lapangan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yang di arahkan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia dini di KB Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan, serta untuk mengetahui apa saja kendala kepala skolah dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak, sumber data dalam penelitian ini yaitu dari kepala sekolah, dan guru KB Al-Miftah PPMU Panyeppen, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian meningkatkan ketekunana dan triangulasi Sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral di KB Al-Miftah PPMU Panyeppen Palengaan Pamekasan sudah baik namun kurang maksimal hal ini bisa dilihat ketika strategi kepala sekolah tersebut sudah dilaksanakaan seperti strategi pembiasaan yaitu ketika anak baru datang bersalam-salaman membaca do’a sebelum belajar dan sesudah belajar, praktek solat, belajar suroh-suroh, dan do’a-do’a olahraga bersama. Kedua, strategi keteladanan yaitu diterapkannya kedisiplinan, kejujuran, semangat untuk mengisi kegiatan keagamaan dan saling menghargai antara guru dan siswa, karena untuk membudayakan disiplin yang baik maka harus dimulai dari diri sendiri, tidak akan ada disiplin dari orang yang dipimpin apa bila tidak mampu menampilkan kedisiplinan pada diri kita sendiri, Ketiga, strategi kemitraan yaitu keterlibatan seluruh warga sekolah dalam kegiatan-kegiatan keagamaan serta melakukan kerja sama dengan orang tua murid, masyarakat, dimana dengan kerjasama ini pihak sekolah terbantu dalam memantau tingkah laku siswa-siswinya didalam dan diluar lingkungan sekolah. Kemudian kendala kepala sekolah dalam mengembangkan nilai agama dan moral mesti banyak rintangan atau kekurangan yitu dilahat dari sarana dan prasaran yang kurang memadai serta pengaruh lingkungan negative yang kurang baik untuk tumbuh kembang anak sehingga masih banyak anak yang kecanduan Hp yang diperoleh dari luar dengan hal itu perkembangan dan daya Tarik pembelajaran anak menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:13
Last Modified: 30 Jan 2023 03:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3601

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item