Asmawatik, Arum (2022) Pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar anak usia dini pada masa pandemi covid 19 di RA/TK/PAUD Bustanuddin Galis Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_COVER_PIAUD.pdf Download (208kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_LEMBAR PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (287kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_LEMBAR PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (35kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (180kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_DAFTAR ISI_ PIAUD.pdf Download (186kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_BAB I_PIAUD.pdf Download (341kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_BAB IV_PIAUD.pdf Download (533kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf Download (311kB) |
|
Text
ARYUM ASMAWATIK_18381062014_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (235kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar anak usia dini pada masa pandemi covid 19 Pendidikan pada anak usia dini hakikatnya adalah bertujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan dan se maksimal mungkin. Pendidikan anak usia dini juga harus menyesuaikan dirinya dalam menghadapi tatanan proses belajar mengajar yang sebelumnya murid dan guru dapat berinteraksi secara langsung kini harus melaksanakan proses belajar mengajar secara jarak jauh dengan menggunakan fasilitas smartphone dan kuota. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar anak usia dini pada masa pandemi covid 19 di RA/TK/PAUD Bustanuddin Galis Pamekasan, bagaimana hasil belajar anak usia dini sebelum pembelajaran menggunakan smartphone (luring) dengan menggunakan smartphone (daring). Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar anak usia dini pada masa pandemi covid 19 di RA/TK/PAUD Bustanuddin Galis Pamekasan, 2. Untuk mengetahui hasil belajar anak usia dini sebelum pembelajaran menggunakan smartphone (luring) dengan menggunakan smartphone (daring). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian pretest posttest countrol group desaign. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa RA/TK/PAUD Bustanuddin Galis Pamekasan. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes, asesmen (penilaian), dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu bahwa terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar anak di RA/TK/PAUD Bustanuddin. Hasil data di uji validitas dan reabilitas yang hasilnya valid dan beriabel, kemudian di uji kembali menggunakan homogenitas dan chi kuadrat yang hasilnya berdistribusi normal dan bervarians homogen. Terakhir di uji menggunakan varian polled hasilnya tolak Ho terima Ha, dengan t hitung -2,546 > t tabel 1,688 dengan taraf signifikan 5%. Hasil sebelum pembelajaran penggunaan smartphone (luring) dengan pembelajaran menggunakan smartphone (daring) terdapat penurunan yang semula pada nilai prestasi meningkat saat pembelajaran smartphone nilai prestasi anak mengalami penurunan 70%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 01:25 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 01:25 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3603 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |