Khotimah, Husnul (2022) Metode Mendongeng Terhadap Perubahan Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sebuah Studi Kasus Terhadap (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Husnul Khotimah_18381062034_Cover PIAUD..pdf Download (62kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PIAUD..pdf Download (97kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_lembar pengesahan_PIAUD..pdf Download (157kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_Abstrak_PIAUD..pdf Download (83kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_Daftar_Isi_PIAUD..pdf Download (41kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_BAB I_PIAUD..pdf Download (127kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_BAB II_PIAUD..pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_BAB III_PIAUD..pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_BAB IV_PIAUD..pdf Download (537kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_BAB V_PIAUD..pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_Daftar_Pustaka_PIAUD..pdf Download (94kB) |
|
Text
Husnul Khotimah_18381062034_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_ PIAUD..pdf Download (154kB) |
Abstract
Kata Kunci: Mendongeng, ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterkaitan peneliti dalam mengungkapkan yang dilakukan oleh pihak TKIT Al-Uswah Pamekasan dalam Metode Mendongeng Terhadap Perubahan Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Sebuah Studi Kasus Terhadap (Gilang) dengan demikian penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana Metode Mendongeng Terhadap Perubahan Perilaku Anak Berkebutuhan Kusus (ABK) Sebuah Studi Kasus Terhadap (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat tiga fokus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Upaya guru dalam menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan? Apa saja kendala yang di alami guru dalam menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan? serta bagaimana solusi guru dalam menghadapi kendala menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif adapun pendekatannya yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif studi kasus. Data yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang diperoleh melalui Guru Kelas TK A1 Al-Uswah serta orang tua (Gilang). Adapun teknik analisis datanya menggunakan mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber untuk menvalidkan hasil penelitian untuk menggali data agar data yang dihasilkan memiliki data yang valid menggali kebenaran informasi tertentu melalui berbagai metode dan sumber perolehan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Upaya guru dalam menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan adalah dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu: mulai dari anak memilih buku dongeng sendiri sesuai dengan yang terlihat menarik dari apa yang anak lihat dari segi gambar cover kemudian dia mulai tertarik dengan halaman gambar berikutnya lalu penasaran dan membacanya. Selain itu juga didukung dengan adanya media saat pembelajaran, seperti banyaknya pemilihan buku dongeng sehinnga anak tidak merasa bosan, serta pemilihan buku dongeng yang memiliki gambar yang menarik dengan tujuan akan lebih menarik perhatian anak dalam memperhatikan guru dalam melakukan mendongeng. menerapkan meteode mendongeng terhadap anak berkebutuhan khusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah. Kedua dengan ketiga, Kendala serta Solusi guru dalam menerapkan metode mendongeng terhadap anak berkebutuhan kusus ABK (Gilang) di TKIT Al-Uswah Pamekasan adalah: pertama anak yang memiliki konsentrasi yang sedikit hanya bisa memperhatikan 5 menit saja, factor lingkungan, kedua kesiapan/kondisi anak, solusinya ialah guru harus lebih aktif lagi untuk bisa mengambil daya konsentrasi anak dengan cara banyak nyanyi melakukan ice breaking serta melakukan sehingga daya konsentrasinya terpancing untuk bisa kembali focus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 01:35 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 01:35 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3605 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |