Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Merangsang Minat Belajar Siswa Kelompok A TK PKK Polagan Galis Pamekasan

Dwiyanti, Sri (2022) Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Merangsang Minat Belajar Siswa Kelompok A TK PKK Polagan Galis Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_COVER_PIAUD.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_LEMBAR PENGESAHAN_PIAUD.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_ABSTRAK_PIAUD.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_BAB I_PIAUD.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (707kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Sri Dwiyanti_18381062098_KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf

Download (260kB)

Abstract

Kata kunci: Alat Permainan Edukatif dalam Merangsang Minat Belajar Siswa Alat permainan edukatif merupakan alat atau media yg digunakan guru untuk merangsang minat belajar siswa. Penggunaan alat permainan edukatif sangat penting dan sangat membantu guru dalam menjelaskan materi kepada siswa. Alat permainan edukatif merupakan alat atau media permainan yang menyenangkan yang didesain khusus untuk kepentingan pendidikan. Alat permainan edukatif sangat cocok digunakan di lembaga Taman Kanak-kanak (TK) karena sifat dasar anak adalah bermain. Dengan menggunakan alat permainan edukatif sebagai media pembelajaran, maka minat anak akan terangsang karena anak sangat menyukai permainan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan alat permainan edukatif dalam merangsang minat belajar siswa, apa saja manfaat menggunakan alat permainan edukatif serta apa saja kekurangan yang ada dalam menggunakan alat permainan edukatif di TK PKK Polagan Galis Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan hasil wawancara terhadap pihak yang bersangkutan, melakukan observasi dan juga dokumentasi. Sebagai informan yaitu kepala sekolah TK PKK Polagan Galis Pamekasan, dan juga guru kelas kelompok A. Pengecekan keabsahan data melalui sumber dan juga triangulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan di TK PKK Polagan Galis Pamekasan menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan alat permainan edukatif di TK PKK Polagan Galis Pamekasan sudah terlaksana dengan cukup baik. Guru TK PKK Polagan menggunakan berbagai alat permainan edukatif disetiap pembelajaran guna untuk merangsang minat belajar siswa agar mengikuti pembelajaran dengan nyaman. Kedua, menggunakan alat permainan edukatif dalam kegiatan pembelajaran memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi guru maupun siswa. Ketiga, terdapat beberapa kekurangan dalam penggunaan alat permainan edukatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:25
Last Modified: 15 Sep 2022 08:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3618

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item