Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa IPS Kelas VIII MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan

Sholehah, Fitriatus (2022) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa IPS Kelas VIII MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_Cover_TIPS.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_Abstrak_TIPS.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_Daftar_Isi_TIPS.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_BAB I_TIPS.pdf

Download (440kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_BAB IV_TIPS.pdf

Download (696kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Fitriatus Sholehah_18381082022_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_TIPS.pdf

Download (221kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Sosial, Motivasi Belajar Media social adalah sebuah sarana yang memungkinkan para penggunanya menampilkan sesuai apa yang diinginkan penggunanya. Dampak penggunaan media sosial sangatlah besar dan berbahaya jika digunakan secara berlebihan termasuk bagi para pelajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, adakah pengaruh penggunaan media social terhadap motivasi belajar ips siswa kelas VIII MTs Nahdliyatul Islamiyah, kedua, seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial terhadap motivasi belajar ips siswa kelas VIII MTs Nahdliyatul Islamiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif. Sumber data diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nahdliyatul Islamiyah Blumbungan Pamekasan yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan sampel jenuh yang artinya peneliti mengambil semua populasi untuk dijadikan sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis uji t (parsial). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, nilai t hitung menunjukkan nilai sebesar -1, 056 dengan nilai signifikansi sebesar 0, 300. Dimana 0,300 > 0,05 dan nilai t hitung -1,056 < t tabel 2,048. Kedua, hipotesis ditolak dengan nilai signifikansi sebesar 0,300 yang berarti lebih besar dari probabilitas 0,05. Maka, penggunaan media social tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:12
Last Modified: 14 Jun 2023 07:12
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3630

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item