Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment Dalam Pembelajara IPS di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong

Putri, Marliana (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment Dalam Pembelajara IPS di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Marliana Putri_18381082041_Cover_TIPS.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_Halaman Persetujuan_TIPS.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_Halaman Pengesahan_TIPS.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_Abstrak_TIPS.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_Daftar Isi_TIPS.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_BAB I_TIPS.pdf

Download (434kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_BAB IV_TIPS.pdf

Download (623kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_Daftar Pustaka_TIPS.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Marliana Putri_18381082041_Keaslian Tulisan_TIPS.pdf

Download (225kB)

Abstract

Kata kunci: Hasil Belajar, Concept Attainment, Pembelajaran IPS. Penelitian yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII dikarenakan metode yang oleh guru disampaikan hanya metode ceramah saja sehingga menyebabkan nilai IPS siswa menjadi dibawah KKM. Melalui model pembelajaran concept attainment dengan tujutan mampu membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami materi ajar yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehinnga hasil belajar siswa bisa meningkat serta mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran concept attainment dapat meningkatkan keaktifan siswa saat pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dikarenakan adanya perbaikan pada proses pembbelajaran dengan menggunakan model concept attinment. Pengumpulan data yang digunkan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran concept attainment untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS yang dilakukan di SMP Al-Faqih Sumber Nyamplong. Dari hasil analisis data bahwa penerapan model concept attainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil catatan penilaian yang ditunjukkan dari presentasi ketuntatasan siswa pada siklus I adalah 74% sedangkan siklus II 100%. Berdsarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS meningkat melaui model pembelajaran concept attianment. Saran peneliti untuk penerapan model pembelajaran concept attainment meningkatkan hasil belajar siswa di jenjang sekolah yang berbeda untuk mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 14 Jun 2023 07:07
Last Modified: 14 Jun 2023 07:07
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3638

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item