Anshori, Rifki (2022) Dampak Pola Asuh Orang Tua Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Di TK Al-Faizin. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381091095_SAMPUL.pdf Download (321kB) |
|
Text
18381091095_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
18381091095_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (117kB) |
|
Text
18381091095_ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text
18381091095_DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) |
|
Text
18381091095_BAB I.pdf Download (595kB) |
|
Text
18381091095_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
|
Text
18381091095_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
18381091095_BAB IV.pdf Download (966kB) |
|
Text
18381091095_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text
18381091095_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (412kB) |
|
Text
18381091095_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (268kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pola Asuh, Perkembangan, Sosial Emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan peneliti tentang banyaknya perbedaan pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak, yang disebabkan karena terdapat faktor yang melatar belakangi orang tua dalam memberikan pola asuh. Pemberian pola asuh tersebut dan berdampak pada perkembangan sosial emosional anak yang ada di TK Al-Faizin, Desa. Panaguan, Kec. Larangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan suatu sasaran yang akan dicapai dalam suatu penelitian yang telah dilaksanakan dengan berdasar pada fokus penelitian. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi acuan kajian penelitian ini, yaitu : Bagaimana dampak pola asuh yang di terapkan orang tua pada perkembanganan sosial emosional anak di TK Al-Faizin, Desa. Panaguan, Kec. Larangan ?, Bagaimana gambaran perkembangan sosial emosional anak di TK Al-Faizin, Desa. Panaguan, Kec. Larangan ?, Apa saja faktor yang menyebabkan perbedaan pola asuh orang tua pada anak di TK Al-Faizin, Desa. Panaguan, Kec. Larangan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui triangulasi, member check, dan validator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Dampak pola asuh orang tua pada perkembangan sosial emosional yang ada disekolah ini sangat terasa dengan jelas oleh guru, dan orang tua, bahkan oleh peneliti yang melakukan penelitian di sekolah tersebut, berupa perilaku atau sikap yang ditunjukkan oleh anak pada saat melakukan kegiatan bersosialisasi di lingkungan TK Al-Faizin ini, Kedua, gambaran perkembangan sosial emosional yang ada disekolah ini juga dapat dilihat oleh setiap orang dalam bentuk perilaku, salah satunya pada saat anak melaksanakan kegiatan baris berbaris ada yang memang patuh, namun ada juga yang tidak, dan ada juga siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi karena diberikan pola asuh demokratis oleh orang tuanya, sekolah ini juga memberikan kegiatan parenting sekaligus istighasah yang dilaksanakan setiap bulan sekali pada hari jum’at legi, yang ketiga terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab adanya perbedaan pada pola asuh orang tua kepada anak yang ada di TK Al-Faizin, diantara faktor tersebut yaitu, faktor keadaan fisik orang tua, faktor ekonomi, faktor psikologis, pengaruh masa lalu yang kurang baik dengan sosok anak kecil, faktor media massa, yang terakhir adalah faktor Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 07:02 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 07:03 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3650 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |