Efektivitas Bibliokonseling untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan

Maghfiroh, Chusniyah Lailatul (2022) Efektivitas Bibliokonseling untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Chusniyah L. M_20170701092021_Cover_BKPI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
ChusniyahLM_20170701092021_Persetujuan_BKPI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
ChusniyahLM_20170701092021_Pengesahan_BKPI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
ChusniyahLM_20170701092021_Abstrak_BKPI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Chusniyah L.M_20170701092021_Daftar Isi_BKPI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
ChusniyahLM_20170701092021_BAB I_BKPI.pdf

Download (590kB)
[img] Text
Chusniyah LM_20170701092021_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
Chusniyah LM_20170701092021_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
Chusniyah L.M_20170701092021_BAB IV_BKPI.pdf

Download (696kB)
[img] Text
Chusniyah LM_20170701092021_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
ChusniyahLM_20170701092021_Daftar Rujukan_BKPI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
ChusniyahLM_20170701092021_Keaslian Tulisan_BKPI.pdf

Download (277kB)

Abstract

Kata Kunci: Bibliokonseling, Kreativitas Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki kreativitas belajar yang rendah sehingga banyak siswa yang tidak memahami pentingnya kreativitas belajar dan dampaknya pada proses belajar serta perolehan nilai belajar yang didapatkannya. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini, yaitu: pertama, Adakah efektivitas bibliokonseling untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan; kedua, seberapa besar efektivitas bibliokonseling terapi untuk meningkatkan kreativitas bealajar siswa kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bibliokonseling terapi untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre experimental design desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design, dengan penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan skor skala minat belajar siswa dengan kategori sedang berjumlah 4 siswa kelas VII-D di SMP Negeri 2 Larangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bibliokonseling sangat efektif dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. Ditunjukkan dengan uji Paired Sample TTest diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,023 dan kurang dari 0,05, maka ada perbedaan yang bermakna dari hasil rata-rata pre-rest dan post-test. Serta ditunjukkan dengan nilai T hitung 4,303 lebih besar dari T Tabel dengan nilai df3 adalah 0,3809, maka ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil pengujian nilai korelasi sebesar 0,144 cukup mendekati angka 1 yang artinya nilai tersebut membuktikan adanya korelasi yang sangat kuat antara konseling kelompok dengan pendekatan bibliokonseling untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:13
Last Modified: 13 Jun 2023 04:13
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3658

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item