Pengaruh Citra Destinasi dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Domestik Eduwisata Garam Desa Bunder

Sulasi, Noeris (2022) Pengaruh Citra Destinasi dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Domestik Eduwisata Garam Desa Bunder. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_Cover_ES.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_Abstrak_ES.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_BAB I_ES.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_BAB IV_ES.pdf

Download (952kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Noeris Sulasi_18383032142_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_ES.pdf

Download (180kB)

Abstract

Kata Kunci: Citra Destinasi, Experiential Marketing, Kepuasan Pengunjung. Eduwisata Garam Madura merupakan salah satu destinasi wisata edukasi baru di Kabupaten Pamekasan yang mempunyai prospek dan cukup berpotensi bagi pertumbuhan ekonomi. Fenomena yang diangkat dalam penelitian ini yaitu jumlah pengunjung Eduwisata Garam yang setiap bulannya menurun dimulai bulan april sampai dengan bulan november, diasumsikan turunnya angka kunjungan karena kurangnya minat pengunjung untuk berkunjung ke Eduwisata Garam Madura karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), selain itu disebabkan pula beberapa fasilitas wisata yang masih dalam tahap pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan pengunjung, pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan pengunjung dan pengaruh citra destinasi dan experiential marketing secara simultan terhadap kepuasan pengunjung domestik Eduwisata Garam Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung Eduwisata Garam Madura, jumalah sampel 100 responden dengan menggunakan rumus Cochran dengan teknik sampling incidental. Analisis data dilakukan dengan uji instrumen penelitian yaitu uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji asumsi klasik untuk mengukur seberapa layak model regresi yang digunakan. Uji hipotesis yang digunakan ialah regresi linear berganda, uji-t dan uji-F serta koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis dengan regresi linear berganda diperoleh nilai konstanta sebesar -0,413, koefisien regresi citra destinasi sebesar 1,162, dan koefisien regresi experiential marketing sebesar 0,054. Sedangkan uji-t menunjukkan bahwa variabel citra destinasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pegunjung dengan perbandingan antara nilai thitung 33,025 > ttabel 1,98472 dan perbandingan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan variabel experiential marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung yang diperoleh perbandingan antara nilai thitung 3,483 > ttabel 1,98472 dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05. Dan berdasarkan uji-F menunjukkan bahwa citra destinasi dan experiential marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung yang diperoleh perbanding antara Fhitung 1058,828 > Ftabel 3,09 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:06
Last Modified: 13 Jun 2023 04:06
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3678

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item