Anita, Putri (2022) Penggunaan Metode yang Bervariasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTs Nurur Rahmah Sentol Pademawu Pamekasan.,. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381012147_SAMPUL.pdf Download (315kB) |
|
Text
18381012147_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (107kB) |
|
Text
18381012147_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (46kB) |
|
Text
18381012147_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (253kB) |
|
Text
18381012147_ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text
18381012147_DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
|
Text
1838101247_BAB I.pdf Download (398kB) |
|
Text
18381012147_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
Text
18381012147_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
18381012147_BAB IV.pdf Download (566kB) |
|
Text
18381012147_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
18381012147_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (205kB) |
Abstract
Kata kunci: Metode yang bervariasi, Minat belajar, Pembelajaran Fiqih. Metode merupakan cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan, dan metode berlaku bagi murid maupun guru, semakin bagus metode yang digunakan maka akan semakin efektif dalam mencapai tujuan yang sudah terencana. Jadi, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Penggunaan variasi metode pada pembelajaran sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Minat peserta didik akan bertambah jika dalam pembelajaran disertai dengan implementasi ragam metode pembelajaran. Pembelajaran pendidikan dalam mata pelajaran fiqih ini, dikembangan dari ajaranajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam namun dalam mengembangkannya akan dibutuhkan proses kerjasama antar pihak yang ada, guna mengembangkan potensi seperti minat, bakat dan kemampuan untuk mencapai tujuan awal. Adapun penelitian ini memiliki dua fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok dalam skripsi yang berjudul “Penggunaan Metode yang Bervariasi Pada Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTs Nurur Rahmah Sentol Pademawu Pamekasan” dengan fokus penelitian yaitu, Bagaimana penerapan penggunaan metode yang bervariasi pada mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Nurur Rahmah Sentol Pademawu Pamekasan?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode yang bervariasi pada mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Nurur Rahmah Sentol Pademawu Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru fiqih, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi. Dengan hasil penelitian, pertama, penggunaan metode yang bervariasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Nurur Rahmah menerapkan tiga metode sekaligus dengan rincian metode ceramah sebagai metode awal kemudian dilanjutkan dengan metode tanya jawab dan diakhiri dengan metode diskusi sebagai metode penutup. Adapun dari penggunaan ketiga metode ini banyak siswa yang aktif dan berperan didalam kelas sehingga hasil penggunaan metode ini mampu melahirkan minat siswa dalam belajar. Kedua, Faktor pendukung meliputi fasilitas memadai, cara mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan rasa perhatian guru kepada siswa. Sedangkan faktor penghambatnya karena media eror dan rusak, siswa yang masih kurang serius dalam pembelajaran dan siswa yang masih berbicara sendiri ketika guru menjelaskan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:58 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3704 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |