Korelasi Kepemimpinan Pembelajaran Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan

Aulia, Alifah (2022) Korelasi Kepemimpinan Pembelajaran Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_Cover_MPI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Alifah Aulia_0160701040030_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan _Persetujuan_Publikasi_MPI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_Halaman Pengesahan_MPI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Alifah Aullia_20160701040030_Abstrak_MPI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_BAB I_MPI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_BAB IV_MPI.pdf

Download (605kB)
[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Alifah Aulia_20160701040030_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (314kB)

Abstract

Kata Kunci:: Kepemimpinan Guru, Motivasi Siswa, Kuantitatif Tugas seorang guru selain menjadi seorang pengajar dan pendidik, ia pun memiliki kewajiban dan tugas sebagai seorang pemimpin dalam kelas. Guru amatlah penting dalam kepemimpinan pembelajaran bagi motivasi belajar siswa. Gurulah yang menjadi salah satu faktor penggerak siswa agar bergerak untuk menggapai tujuan nasional yang sudah disepakati. Dan ini pun tidak akan dapat terwujud jika guru tidak memiliki sifat kepemimpinan dalam dirinya. Berdasarkan peryataan tersebut, maka dijumpai tiga permasalahan yang menjadi kajian poko dalam ppenelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana deskripsi kuantitatif kepemimpinan pembelajaran guru di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Kedua, bagaimana deskripsi kuantitatif motivasi belajar di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Ketiga, adakah korelasi antara kepemimpinan pembelajaran guru dengan motivasi belajar siswa di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Pada penelitian ini, ppeneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari penyebaran angket, dan diperkuat dengan wawancara dari hasil angket yang disebarkan. Pengambilan sampel acak menggunakan teknik probability statisfied random sampling dengan populasi santriwan dan santriwati SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Sementara untuk pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, kepemimpinan pembelajaran guru di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan berada pada kategori yang sangat baik. Hasil ini dapat dilihat pada tabel 2.2, di mana hasil pada interval 51,8-59,3 memiliki persentase sebesar 53%. Kedua, Motivasi Belajar Siswa di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan berada pada kategori baik. Hasil ini dapat dilihat pada tabel 2.4, di mana hasi pada interval 33-38 memiliki persentase sebasar 56,9%. Ketiga, Pada penelitian ini terdapat korelasi positif dan signifikan antara Kepemimpinan Pembelajaran Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Dengan hasil analisis uji hipotesis rhitung (0,614) > rtabel (0,266), dan interpretasi nilai yang berada pada korelasi cukup. Dilakukan pula pengujian siginifikansi yang mendapatkan hasil thitung 5,633 > ttabel 2,021, dengan demikian dapat dikatakan jika hasil dari penelitian ini signifikan untuk populasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:56
Last Modified: 13 Jun 2023 03:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3708

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item