Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan

Margareta, Cristina Tri (2022) Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_SAMPUL_MPI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_ABSTRAK_MPI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_BAB I_MPI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_BAB IV_MPI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
Cristina Tri Margareta_18381042028_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf

Download (179kB)

Abstract

Kata Kunci: Sistem Full Day School, Kedisiplinan Peserta Didik, SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan Full day school adalah program sekolah yang menyelenggarakan proses belajar mengajar di sekolah selama satu hari penuh. Umumnya sekolah yang menyelenggarakan full day school dimulai dari pukul 07.00 sampai 16.00. Penerapan sistem full day school dapat mempengaruhi kedisiplinan peserta didik dan juga sistem full day school didirikan untuk mengatasi problematika yang ada di masyarakat yang mengharapkan anak-anak mendapatkan pendidikan terbaik dari aspek akademik dan non akademik, serta memberikan perlindungan bagi anak dari pengaruh negatif. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan sistem full day school dengan kedisiplinan peserta didik di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan, dan 2) Untuk mengetahui seberapa besar hubungan sistem full day school dengan kedisiplinan peserta didik di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode kuantitatif yaitu metode positivistik karena berlandaskan pada filsafat positivisme. Metode ini disebut kuantitatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan analisis datanya menggunakan statistik. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini termasuk dalam penelitian korelasional. Penelitian Korelasional (correlational research). Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif atau hubungan karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dua variabel atau lebih. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner, dengan jumlah populasi sebanyak 153 responden. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis (Ho) yang diajukan ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara sistem full day school dengan kedisiplinan peserta didik, dan 2) Nilai koefisien determinasi R Square 0,353 yang mengandung pengertian bahwa kontribusi atau sumbangan yang diberikan oleh variabel independen (sistem full day school) terhadap variabel dependen (kedisiplinan peserta didik) adalah sebesar 35,3%. Artinya masih ada variabel lain sebesar 64,7% yang memiliki hubungan dengan kedisiplinan peserta didik. Sedangkan nilai correlations coefficient sebesar 0,598. Artinya sistem full day school dengan kedisiplinan peserta didik korelasinya atau hubungannya sedang dan arahnya positif, hal ini dapat diartikan bahwa apabila sistem full day school ditingkatkan, maka kedisiplinan peserta didik akan meningkat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:53
Last Modified: 13 Jun 2023 03:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3714

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item