Ms, Holifah (2022) Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MTs Al-Mukhlishin Galis Pamekasan. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Holifah_18381092046_Cover_BKPI.pdf Download (168kB) |
|
Text
Holifah_18381092046_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf Download (334kB) |
|
Text
Holifah_ 18381092046_Lembar Pengesahan_BKPI.pdf Download (391kB) |
|
Text
Holifah_183810992046_Abstrak_BKPI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Holifah_18381092046_Daftar_Isi_BKPI.pdf Download (160kB) |
|
Text
Holifah_18381092046_BAB I_BKPI.pdf Download (214kB) |
|
Text
Holifah_18381092046_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
Holifah_18381092046_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
Holifah_18381092046_BAB IV_BKPI.pdf Download (355kB) |
|
Text
Holifah_18381092046_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
Holifah_18381092046_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf Download (166kB) |
|
Text
Holifah_18381092046_Surat_Pernyataan Keaslian_Tulisan_BKPI.pdf Download (401kB) |
Abstract
Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Kedisiplinan Siswa Bimbingan kelompok adalah pemberian bantuan kepada konseli /peserta didik melalui kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas 2-10 orang untuk maksud pencegahan masalah, pemeliharaan nilai-nilai atau pengembangan keterampilan hidup yang dibutuhkan. Dalam bimbingan kelompok terdapat berbagai asas salah satunya yaitu asas kerahasiaan, para anggota harus menyimpan dan merahasiakan informasi apa yang dibahas dalam kelompok, terutama hal yang tidak layak di ketahui orang lain.Salah satu teknik yang dilakukan dalam bimbingan kelompok yaitu teknik Role Playing. Teknik Role Playing merupakan sebuah upaya pemecahan permasalahan yang berhubungan kehidupan interaksi sosial dan melalui sebuah peragaan tindakan atau bermain peran. Sedangkan kedisiplinan merupakan kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua peraturan dan norma-norma sosial yang berlaku.Orang yang disiplin tentunya sudah memiliki pondasi karakter dalam berbangsa dan negaranya, kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat diperlukan karena dengan adanya disiplin dapat menjaga proses belajar mengajar dengan baik. Sesuai dengan pemaparan diatas, maka rumusan masalah yang terkandung dalam kajian penelitian ini yaitu apakah bimbingan kelompok teknik role playing efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dan apakah ada perubahan pada tingkat kedisiplinan siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen dimana awal pertemuan peneliti menyebarkan skala kedisiplinan agar mengetahui tingkat kedisiplinan siswa kemudian diberikan treatment berupa teknik role playing dan diakhiri dengan pengukuran kembali menggunakan skala kedisiplinan agar peneliti tahu perbedaan skor kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Tingkat efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas IX dengan rata-rata nilai peningkatan 4,50, yang hal itu dapat dibuktikan dengan nilai Asympig.Sig yaitu 0,012 yang lebih kecil dari 0,05 yang artinya ada peningkatan yang signifikan nilai antara pre-test ke post-test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:46 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:46 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3741 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |