Fajariyah, Puteri (2022) Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar dengan menggunakan Metode Demontrasi pada mata pembelajaran fiqih bagi siswa kelas 3 MI Miftahul Ulum Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_COVER_PGMI.pdf.pdf Download (166kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_LEMBAR HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf.pdf Download (226kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_LEMBAR HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf.pdf Download (151kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_ABSTRAK_PGMI.pdf.pdf Download (6kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_DAFTAR ISI_PGMI.pdf.pdf Download (355kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_BAB I_PGMI_pdf.pdf Download (400kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_BAB II_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_BAB III_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_BAB IV_PGMI.pdf.pdf Download (504kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_BAB V_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf.pdf Download (474kB) |
|
Text
Puteri Fajariyah_20160701050078_SURAT KEASLIAN_PGMI.pdf.pdf Download (154kB) |
Abstract
Kata Kunci : Guru, Hasil Belajar, Metode Demontrasi Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penerapan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru MI Miftahul Ulum kelas 3, metode pembelajaran hanya menoton pada metode ceramah. Sehingga siswa merasa bosan dan kurang memperhatikan terhadap penjelasan guru, akibat proses pembelajaran terhambat yang menyebabkan nilai siswa rendah atau kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar dengan metode demontrasi pada mata pelajaran fiqih di MI Miftahul Ulum Larangan Bedung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. kedua, Untuk mengetahui hasil penerapan metode demontrasi terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas 3 di MI Miftahul Ulum 1 Larangan Bedung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan dan ketiga, untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar dengan metode demontrasi dalam pelajaran fiqih di MI Miftahul Ulum 1 Larangan Bedung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Jenis penelitian ini yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data diperoleh adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian seluruh siswa kelas 3 MI Miftahul Ulum Larangan Bedung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 15 siswa. Indikator keberhasilan siswa memiliki nilai KKM 75 dengan persentase keberhasilan minimal 80 Hasil penelitian menunjukkan adanya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode demontrasi pada siswa kelas 3 MI Miftahul Ulum 1 Larangan Bedung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Hal ini dengan perolehan nilai hasil belajar yang menunjukkan dari total 15 siswa yang mengikuti proses pembelajaran. Nilai pembelajaran siklus I kelulusan 40% rata-rata kelas 68,33 dan nilai pembelajaran siklus kelulusan II 86,66% rata-rata kelas 81,86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan menggunakan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar bagi kelas 3 MI Miftahul Ulum1 Larangan Bedung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 07:06 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 07:06 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3776 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |