Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu,

Qomariyah, Fanti Laili (2022) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu,. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_SAMPUL_TBIN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_HALAMAN PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_HALAMAN PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_KATA PENGANTAR_TBIN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_BAB I_TBIN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18281072041_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_BAB IV_TBIN.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_BEBAS PLAGIASI_TBIN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_LAMPIRAN_TBIN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fanti Laili Qomariyah_18381072041_RIWAYAT HIDUP_TBIN.pdf

Download (102kB)

Abstract

Kata kunci: Make A Match, Pembelajaran Bahasa Indonesia Make a match merupakan tipe model pembelajaran kooperatif. Model make a match merupakan model pembelajaran mencari pasangan antara kelompok pemegang kartu soal dan kelompok pemegang kartu jawaban. Berdasarkan konteks penelitian, terdapat 3 fokus yang digunakan, yaitu Pertama Bagaimana penerapan model pembelajaran Make A Match dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu. Kedua Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan model pembelajaran Make A Match dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu. Ketiga bagaimana solusi yang dilakukan dalam menghadapi hambatan penerapan model Make A Match dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Pademawu. Sumber data dari penelitian diperoleh dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi teks persuasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model make a match terdapat tiga tahap yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kedua, faktor pendukung dari model make a match yaitu: antusias siswa yang aktif dalam pembelajaran, sumber belajar yang memadai dan kerja sama yang baik disertai motivasi dari guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya bimbingan dan arahan dari guru dalam melakukan kegiatan, waktu tidak terbatas dan siswa tidak kondusif. Ketiga, solusi yang perlu dilakukan yaitu guru perlu memberikan bimbingan dan arahan yang lebih kepada siswa agar siwa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, diperlukan adanya keterbatasan waktu agar siswa dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan waktu, untuk solusi penghambat yang ketiga guru harus bisa mengkondisikan siswamagar tidak timbul keributan. Serta diperlukan adanya kedekatan guru terhadap siswa agar siswa lebih aktif dan partisipatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:14
Last Modified: 26 Sep 2022 04:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3780

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item