Pengaruh Kepedulian Guru PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Terhadap Prestasi Belajar di Madrasah Diniyah Darul Ibad Pesisir Desa Camplong Kabupaten Sampang

Wahyudi, Syaiful (2022) Pengaruh Kepedulian Guru PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Terhadap Prestasi Belajar di Madrasah Diniyah Darul Ibad Pesisir Desa Camplong Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_Cover_MPI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_Surat Keaslian_MPI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_Halaman Persetujuan_MPI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_Halaman Pengesahan_MPI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_ASKTRAK_MPI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_Daftar ISI_MPI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_BAB I_MPI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_BAB IV_MPI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Syaiful Wahyudi_20160701010179_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf

Download (116kB)

Abstract

Kata Kunci : Pengaruh, Kepedulian Guru, Prestasi Belajar, Dalam melaksanakan pembelajaran ada keterlibatan guru dalam proses pengembangan kemampuan peserta didik, yang terukur melalui prestasi belajar masing-masing siswa. salah satu faktor yang mempengaruhi minat dan prestasi belajar peserta didik adalah kontribusi kepedulian guru dalam mengembangkan kreativitas dan memantik semangat semangat dan minat belajar siswa agar mencaPendidikan Agama Islam prestasi belajar yang baik pula. Keterlibatan guru tersebut tidak hanya sebagai pengajar melainkan sebagai support system bagi peserta didik dalam meningkatkan minat belajarnya, terutama dari sisi kepedulian guru terhadap siswa. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada pengaruh kepedulian guru Pendidikan Agama Islam dengan objek penelitiannya yakni di Madrasah Diniyah Darul Ibad Pesisir Desa Camplong. Fokus penelitian ini berupaya menelusuri bagaimana implementasi kepedulian guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di Madrasah Diniyah Darul Ibad Pesisir Desa Camplong Kabupaten Sampang serta apakah ada pengaruh kepedulian guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar di Madrasah Diniyah Darul Ibad Pesisir desa Camplong Kabupaten Sampang Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian studi lapangan, yaitu penelitian yang obyek utamanya pada kenyataan lapangan. Pendekatan yang penulis lakukan dalam memperoleh data yaitu langsung terjun ke objek penelitian yakni Madrasah Diniyah Darul Ibad Pesisir Desa Camplong Kabupaten Sampang. Adapun melalui metode tersebut, hasil penelitian ini mencakup dua hal. Pertama, implementasi kepedulian guru dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa merupakan bentuk upaya menjalankan tugas seorang guru sebagai seorang pendidik yang meliputi pengembangan dalam kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Kedua, Berdasarkan hasil uji data menunjukkan bahwa thitung (3,225) > ttabel (1,69726) dan nilai signifikansi (0,002) < 0,05. Maka dengan demikian Ha1 diterima dan Ho ditolak. Artinya variabel kepedulian guru berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar siswa di Madrasah Darul Ibad Pesisir desa Camplong Sampang Kabupaten Sampang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:50
Last Modified: 12 Jun 2023 06:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3787

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item