Penerapan Teknik Bimbingan Kelompok dalam Membangun Interaksi Sosial Siswa di MTsN 2 Pamekasan

Yaqin, Ainul (2022) Penerapan Teknik Bimbingan Kelompok dalam Membangun Interaksi Sosial Siswa di MTsN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_COVER_BKPI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_BKPI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_HALAMAN PERSETUJUAN_BKPI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_ABSTRAK_BKPI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_DAFTAR ISI_BKPI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_BAB I_BKPI.pdf

Download (581kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_BAB IV_BKPI.pdf

Download (809kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
AINUL YAQIN_18381091008_DAFTAR PUSTAKA_BKPI.pdf

Download (271kB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik bimbingan kelompok dalam menangani siswa yang interaksi sosialnya rendah serta memiliki kecenderungan sikap tidak tegas dan tidak berani mengungkapkan pendapat maupun perasaannya terhadap orang, dengan menjadikan MTsN 2 Pemekasan sebagai lokasi penelitian. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana gambaran interaksi sosial siswa di MTsN 2 Pemekasan?; 2) Bagaimana penerapan teknik bimbingan kelompok dalam membangun interaksi sosial siswa di MTsN 2 Pemekasan?; 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membangun interaksi sosial siswa di MTsN 2 Pemekasan?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah Descriptif Analysis.Untuk memperoleh data, maka digunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan beberapa upaya meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verifying). Selanjutnya, demi menjamin validitas dan keabsahan data yang diperoleh, maka dilakukan teknik triangulasi yang meliputi teknik tringulasi sumber dan teknik tringulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahawa pertama interaksi sosial siswa di MTsN 2 Pamekasan dapat di kategorikan tinggi dan rendah, Interaksi sosial siswa secara keseluruhan dapat dikatakan baik. Kedua Penerapan teknik bimbingan kelompok dalam membangun interaksi sosial siswa di MTsN 2 Pamekasan a) Wali kelas mencatat siswa dikelasnya yang mempunyai interaksi sosial yang rendah dan dilporkan ke guru BK, b) Guru BK mengumpulkan semua siswa di dalam satu ruangan, c) Guru BK memberi layanan bimbingan kelompok yang berupa diskusi. Ketiga Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Membangun Interaksi Sosial Siswa di MTsN 2 Pamekasan adalah: a) Faktor pendukung terdiri atas: a) adanya dukungan dari kepala sekolah ; b) Dukungan guru dengan cara memberikan metode pembelajaran seperti metode diskusi; c) dukungan dari Wali Kelas melalui motivasi serta arahan kepada siswa yang interaksi sosialnya rendah. adanya kerja sama antara pihak terkait seperti guru wali kelas dan siswa, b) Faktor penghambat: a) sikap introvert, b) keterbatasan waktu bimbingan, c) sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:37
Last Modified: 12 Jun 2023 04:37
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3812

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item