Optimalisasi Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Desain Grafis di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan

Firdausi, Raudatul (2022) Optimalisasi Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Desain Grafis di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. Raudatul Firdausi_18381042133_Cover_MPI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. Raudatul Firdausi_18381042133_Halaman Pengesahan_MPI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
3. Raudatul Firdausi_18381042133_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
5. Raudatul Firdausi_18381042133_ABSTRAK_MPI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. Raudatul Firdausi_18381042133_DAFTAR ISI_MPI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
7. Raudatul Firdausi_18381042133_BAB I_MPI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
8. Raudatul Firdausi_18381042133_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
9. Raudatul Firdausi_18381042133_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
10. Raudatul Firdausi_18381042133_BAB IV_MPI.pdf

Download (597kB)
[img] Text
11. Raudatul Firdausi_18381042133_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
12. Raudatul Firdausi_18381042133_DAFTAR PUSTAKA_MPI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
2. Raudatul Firdausi_18381042133_Pernyataan Keaslian Tulisan_MPI.pdf

Download (227kB)

Abstract

Kata Kunci: Kreativitas, dan Desain Grafis Melihat banyak persaingan di dunia kerja, maka peserta didik dituntut agar mempunyai keahlian dan memiliki kreativitas agar nantinya siap bersaing di dunia kerja. Peningkatan kreativitas penting dalam sistem pendidikan, karena dengan menghadapi tantangan perkembangan IPTEK dan informasi dibutuhkan sumberdaya yang kreatif dan memiliki keterampilan. Kreativitas adalah potensi seseorang dalam menciptakan ide-ide baru dan unik sehingga nantinya orang yang melihatnya terkesan. Dengan hal tersebut peserta didik dianjurkan untuk memahami dan mempelajari mata pelajaran desain grafis. Pada mata pelajaran desain grafis ini peserta didik di SMK Miftahul Qulub diharapkan bisa menguasai dan menghasilkan karya-karya atau produk yang bagus. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana rancangan optimalisasi kreativitas peserta didik pada mata pelajaran desain grafis di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Kedua, bagaimana implementasi rancangan optimalisasi kreativitas peserta didik pada mata pelajaran desain grafis di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Ketiga, bagaimana gambaran keberhasilan peserta didik pada mata pelajaran desain grafis di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah ketua teknik komputer dan jaringan, guru mata pelajaran desain grafis, dan peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, rancangan optimalisasi kreativitas peserta didik pada mata pelajaran desain grafis yang dilakukan di SMK Miftahul Qulub ini yaitu dengan membentuk tim khusus pengelola program keterampilan desain grafis. Dalam proses rancangan ini tim pengelola program keterampilan membuat silabus, RPP, promes, dan prota yang semuanya mengacu pada kurikulum 2013. Kedua, implementasi rancangan optimalisasi kreativitas peserta didik pada mata pelajaran desain grafis di SMK Miftahul Qulub ini terdapat dua macam pembelajaran, yaitu dengan teori dan praktek. Pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan oleh tim pengelola program keterampilan yang telah dibentuk oleh sekolah dan pada ujung tombaknya dilakukan oleh para guru atau tenaga pendidik yang telah ahli dalam mata pelajaran desain grafis. Ketiga, gambaran keberhasilan peserta didik pada mata pelajaran desain grafis di SMK Miftahul Qulub ini membuat karya seperti kartu nama, banner, pamflet, brosur, papan nama dan sebagainya. Untuk mengetahui keberhasilan peserta didik yang kreatif dalam pembelajaran desain grafis ini perlu dilakukan evaluasi atau penilaian terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:33
Last Modified: 12 Jun 2023 04:33
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3817

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item