Efektivitas Penggunaan Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Nurul Jihad Kelas VII Sanalaok Waru Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura

Thahir, Thahir (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Nurul Jihad Kelas VII Sanalaok Waru Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a Thahir-20160701010186-Sampul-PAI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
c Thahir-20160701010186-Halaman Persetujuan-PAI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
d Thahir-20160701010186-Halaman Pengesahan-PAI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
e Thahir-20160701010186-Abstrak-PAI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
f Thahir-20160701010186-Daftar Isi-PAI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
g Thahir-20160701010186-BAB I-PAI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
h Thahir-20160701010186-BAB II-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
i Thahir-20160701010186-BAB III-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
j Thahir-20160701010186-BAB IV-PAI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
k Thahir-20160701010186-BAB V-PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
l Thahir-20160701010186-Daftar Pustaka-PAI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
b Thahir-20160701010186-Pernyataan Keaslian Tulisan-PAI.pdf

Download (29kB)

Abstract

Metode tanya jawab merupakan salah satu metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran fiqih oleh seorang guru di dalam kelas dengan tujuan mencapai keberhasilan proses belajar mengajar dalam pembelajaran fiqih. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penggunaan metode tanya tawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Nurul Jihad kelas VII Sanalaok Waru Pamekasan. Kedua, bagaimana efektivitas penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Nurul Jihad kelas VII sanalaok Waru Pamekasan. Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Nurul Jihad kelas VII sanalaok waru pamekasan. Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan guru fiqih MTs Nurul Jihad kelas VII, siswa /siswi MTs Nurul Jihad kelas VII. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, proses penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Nurul Jihad kelas VII Sanalaok Waru Pamekasan berjalan lancar dan baik. Kedua, Efektivitas penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih tersebut sangatlah baik dan juga memiliki pengaruh yang baik pula terhadap lancarnya kegiatan proses belajar mengajar. Ketiga, faktor yang mendukung terhadap metode tanya jawab adalah penggunaan buku fiqih yang digunakan tidak hanya terpaku pada buku LKS saja tetapi selain buku LKS ada juga buku fiqih tambahan yang sesuai dengan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan, adanya ketersediaan alat yang akan digunakan di dalam proses pembelajaran seperti spidol dan papan tulis. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya kipas angin dalam kelas pada saat sinar matahari sangat panas sehingga suasana kelas terasa panas dan mengganggu aktivitas proses pembelajaran, tidak adanya lampu di dalam kelas pada saat terjadinya mendung sehingga suasana kelas menjadi gelap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 21 Jan 2021 05:25
Last Modified: 17 Jul 2024 03:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/383

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item