Thahir, Thahir (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Nurul Jihad Kelas VII Sanalaok Waru Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a Thahir-20160701010186-Sampul-PAI.pdf Download (41kB) |
|
Text
c Thahir-20160701010186-Halaman Persetujuan-PAI.pdf Download (22kB) |
|
Text
d Thahir-20160701010186-Halaman Pengesahan-PAI.pdf Download (25kB) |
|
Text
e Thahir-20160701010186-Abstrak-PAI.pdf Download (15kB) |
|
Text
f Thahir-20160701010186-Daftar Isi-PAI.pdf Download (21kB) |
|
Text
g Thahir-20160701010186-BAB I-PAI.pdf Download (35kB) |
|
Text
h Thahir-20160701010186-BAB II-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
Text
i Thahir-20160701010186-BAB III-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
j Thahir-20160701010186-BAB IV-PAI.pdf Download (141kB) |
|
Text
k Thahir-20160701010186-BAB V-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
l Thahir-20160701010186-Daftar Pustaka-PAI.pdf Download (20kB) |
|
Text
b Thahir-20160701010186-Pernyataan Keaslian Tulisan-PAI.pdf Download (29kB) |
Abstract
Metode tanya jawab merupakan salah satu metode yang digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran fiqih oleh seorang guru di dalam kelas dengan tujuan mencapai keberhasilan proses belajar mengajar dalam pembelajaran fiqih. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana penggunaan metode tanya tawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Nurul Jihad kelas VII Sanalaok Waru Pamekasan. Kedua, bagaimana efektivitas penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Nurul Jihad kelas VII sanalaok Waru Pamekasan. Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Nurul Jihad kelas VII sanalaok waru pamekasan. Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non partisipan) dan dokumentasi, dengan informan guru fiqih MTs Nurul Jihad kelas VII, siswa /siswi MTs Nurul Jihad kelas VII. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: Pertama, proses penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Nurul Jihad kelas VII Sanalaok Waru Pamekasan berjalan lancar dan baik. Kedua, Efektivitas penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih tersebut sangatlah baik dan juga memiliki pengaruh yang baik pula terhadap lancarnya kegiatan proses belajar mengajar. Ketiga, faktor yang mendukung terhadap metode tanya jawab adalah penggunaan buku fiqih yang digunakan tidak hanya terpaku pada buku LKS saja tetapi selain buku LKS ada juga buku fiqih tambahan yang sesuai dengan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan, adanya ketersediaan alat yang akan digunakan di dalam proses pembelajaran seperti spidol dan papan tulis. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya kipas angin dalam kelas pada saat sinar matahari sangat panas sehingga suasana kelas terasa panas dan mengganggu aktivitas proses pembelajaran, tidak adanya lampu di dalam kelas pada saat terjadinya mendung sehingga suasana kelas menjadi gelap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 05:25 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 03:20 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/383 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |