Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di MI Hidayatul Mubtadi’in Bangsah Sreseh Sampang

Wasilah, Wasilah (2022) Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di MI Hidayatul Mubtadi’in Bangsah Sreseh Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Wasilah_18381052110_Cover_PGMI..pdf

Download (92kB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI..pdf

Download (647kB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_Lembar_Pengesahan_PGMI..pdf

Download (1MB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_Abstrak_PGMI..pdf

Download (369kB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_Daftar_Isi_PGMI..pdf

Download (16kB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_BAB I_PGMI..pdf

Download (458kB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_BAB II_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_BAB III_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_BAB IV_PGMI..pdf

Download (580kB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
Wasilah_18381052110_Daftar_Pustaka_PGMI..pdf

Download (158kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Peer Lesson, Aktivitas Belajar, Pelajaran IPS Strategi pembelajaran peer lesson merupakan salah satu jenis metode active learning (Giat Belajar). Strategi ini peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Proses strategi pembelajaran akan berhasil manakala seorang siswa aktif dalam menjalankan aktivitas belajarnya. Aktivitas belajar dapat diartikan juga sebagai proses, cara, atau kegiatan belajar. Pelajaran IPS mengajarkan konsep-konsep esensi ilmu sosial untuk membentuk subjek didik menjadi warga negara yang baik dan juga diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam menanggapi masalah yang diberikan oleh guru sesuai dengan pengetahuannya. Peer lesson menjadikan guru sebagai fasilitator di dalam kelas, dalam hal ini guru mampu memberikan fasilitasi dalam proses pembelajaran yang menjadikan guru sebagai pendamping siswa dalam proses pembelajaran, artinya guru adalah mampu membantu siswa menciptakan rasa nyaman dalam proses pengajaran. Berdasarkan penjelasan tersebut, terdapat dua fokus dalam penelitian yang menjadi pokok pembahasan. Pertama bagaimana analisis penerapan strategi pembelajaran peer lesson untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Hidayatul Mubtadi’in Bangsah Sreseh Sampang, dan Kedua, apa saja kelebihan dan kekurangan strategi pembelajaran peer lesson untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di MI Hidayatul Mubtadi’in Bangsah Sreseh Sampang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Adapun informasi yang diperoleh dari kepala sekolah MI Hidayatul Mubtadi’in Bangsah Sreseh Sampang, Guru kelas V, dan siswa-siswi kelas V. Peneliti mengecek keabsahan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan tekhnik Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan sebagai Pertama, penerapan strategi pembelajaran peer lesson pada mata pelajaran IPS dibentuk secara kelompok agar dapat meningkatkan sebuah rasa tanggung jawab sehingga siswa dapat belajar secara aktif dan mandiri. Kedua, penerapan strategi peer lesson memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu mempunyai rasa setia kawan yang tinggi, semangat untuk belajar, menjadikan siswa sebelumnya kurang aktif dikelas menjadi aktif tanpa ada faktor dorongan dari guru sehingga dapat menghasilkan umpan balik yang positif. Sedangkan kekurangannya tidak semua siswa dapat menyampaikan materi dengan jelas, tidak semua siswa mampu menjawab semua pertanyaan dari temannya dan terkadang ada siswa yang menyepelekan karena yang mengajar adalah temannya sendiri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 31 May 2023 07:32
Last Modified: 31 May 2023 07:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3840

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item