Holilah, Holilah (2022) Penerapan Teknik Scanning Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII SMPN 8 Pamekasan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a. Holilah-18201501070020-Sampul-TBIN.pdf Download (66kB) |
|
Text
c. Holilah-18201501070020-Halaman Persetujuan-TBIN.pdf Download (197kB) |
|
Text
d. Holilah-18201501070020-Halaman Pengesahan-TBIN.pdf Download (236kB) |
|
Text
e. Holilah-18201501070020-Abstrak-TBIN.docx Download (24kB) |
|
Text
e. Holilah-18201501070020-Kata Pengantar.pdf Download (157kB) |
|
Text
f. Holilah-18201501070020-Daftar Isi-TBIN.pdf Download (59kB) |
|
Text
g. Holilah-18201501070020-BAB I-TBIN.pdf Download (132kB) |
|
Text
h. Holilah-18201501070020-BAB II-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
i. Holilah-18201501070020-BAB III-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
j. Holilah-18201501070020-BAB IV-TBIN.pdf Download (188kB) |
|
Text
k. Holilah-18201501070020-BAB V-TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
Text
l. Holilah-18201501070020-Daftar Pustaka-TBIN.pdf Download (78kB) |
|
Text
b. Holilah-18201501070020-Pernyataan Keaslian Tulisan-TBIN.pdf Download (134kB) |
|
Text
n. Holilah-18201501070020-Plagiasi.pdf Download (147kB) |
|
Text
o. Holilah-18201501070020-Lampiran.pdf Download (643kB) |
|
Text
p. Holilah-18201501070020-Riwayat Hidup.pdf Download (85kB) |
Abstract
Kata Kunci : Penerapan Teknik Scanning, Keterampilan Membaca. Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi manusia untuk menyampaikan informasi, ide, atau perasaan. Bahasa Indonesia digunakan untuk berkomunikasi yang dapat dilakukan secara lisan dan tulis. Kemampuan berbahasa Indonesia meliputi empat kemampuan yaitu kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Pada kemampuan membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata\bahasa tulis. Pada zaman sekarang permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu keterampilan membaca siswa sangat rendah sehingga dengan teknik scanning ini diharapkan menjadi motivasi dan solusi bagi siswa untuk lebih semangat dalam membaca buku. Dalam kegiatan terdapat beberapa teknik salah satunya yakni teknik scanning yang dalam hal ini membaca dengan kecepatan tinggi dengan tidak mengabaikan pemahaman terhadap bacaan untuk menangkap inti dari suatu bacaan. Teknik Scanning merupakan teknik penemuan informasi dari bacaan secara cepat dengan cara menyapu halaman demi halaman secara merata, kemudian ketika sampai pada bagian yang dibutuhkan gerakan mata berhenti. Metode resitasi (penugasan) adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar peserta didik melalukan kegiatan belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana penerapan teknik scanning dalam pembelajaran keterampilan membaca pada siswa kelas VII SMPN 8 Pamekasan, Kedua Faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan teknik scanning dalam keterampilan membaca pada siswa kelas VII di SMPN 8 Pamekasan, dan Ketiga. Bagaimana solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan penerapan teknik scanning dalam pembelajaran keterampilan membaca pada siswa kelas VII di SMPN 8 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, Siswa SMPN 8 Pamekasan sedangkan keabsahan data perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, guru menyuruh siswa untuk membaca di buku LKS dengan menggunakan teknik scanning, agar mempermudah siswa dalam menentukan topik dan informasi yang ada di buku LKS. Jadi kesimpulan teknik scanning dalam pembelajaran keterampilan membaca siswa kelas VII SMPN 8 Pamekasan agar siswa dapat mempermudah dalam mencari atau menentukan topik dan informasi yang ada di buku LKS. Kedua, yaitu faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan penerapan membaca teknik scanning yakni siswa masih merasa malas dan merasa bosan hingga mengantuk, kurangnya konsentrasi siswa dikarenakan di dalam kelas masih bising atau ramai, kurangnya ketersedian taman untuk membaca dalam lingkungan sekolah. Ketiga, guru sering membiasakan siswanya untuk menggunakan bahasa indonesia, dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan bahasa madura, dan juga guru sebelum memulai pelajaran guru membiasakan siswa membaca buku pelajaran terlebih dahulu selama 15 menit guru juga memperbanyak latihan membaca dengan teknik scanning dalam pembelajaran keterampilan membaca dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:45 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3864 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |