Amala, Ahsana (2020) Peran Guru Dalam Keberhasilan Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI kelas XI Melalui Model Pembelajaran Langsung di SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_COVER_PAI.pdf.pdf Download (216kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_PAI.pdf.pdf Download (275kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_LEMBAR_PENGESAHAN_PAI.pdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_ABSTRAK_PAI. pdf.pdf Download (181kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_DAFTAR ISI_PAI.pdf.pdf Download (181kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_BAB I_PAI.pdf.pdf Download (400kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_BAB II_PAI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_BAB III_PAI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_BAB IV_PAI.pdf.pdf Download (401kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_BAB V_PAI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_DAFTAR_PUSTAKA_PAI.pdf.pdf Download (502kB) |
|
Text
AHSANA AMALA_20160701010017_SURAT_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan, keberhasilan dan juga pencapaian tujuan dari proses pembelajaran di sekolah dipengaruhi oleh peran guru dalam meningkatkan hasil belajar. Pada skripsi ini ada 3 fokus penelitian yaitu: Pertama pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran langsung kelas XI di SMA Negeri Torjun Kabupaten Sampang? Kedua, peran guru dalam keberhasilan belajar siswa mata pelajaran PAI melalui model pembelajaran langsung kelas XI di SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang? Ketiga, tolak ukur keberhasilan belajar siswa mata pelajaran PAI melalui model pembelajaran langsungkelas XIdi SMA Negeri 1 Torjun Kabupaten Sampang? Penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Data yang diperoleh ialah dengan cara wawancara terstruktur, observasi non-participant, dan dokumentasi. Sumber datanya adalah Kepala Sekolah, guru bidang Agama Islam, dan siswa. Adapun teknik penulisan datanya ialah dengan cara analisis non-statistik meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan tau verivikasi. sedangkan teknik pengecekan keabsahan datanya ialah ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran langsungadalah menyiapkan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran. Kedua, peran guru dalam keberhasilan belajar siswa mata pelajaran PAI melalui model pembelajaran langsung adalah tentang cara menampilkan diri yang baik sebagai pendidik, menjadi pemimpin dalam kelas, memberikan motivasi, serta Kendala dalam menyampaikan materi jika menggunakan model pembelajaran langsung. Ketiga, tolak ukur keberhasilan belajar siswa mata pelajaran PAI melalui model pembelajaran langsung ada tiga yakni, Pertama, Ranah Kognitif yang diterapkan untuk keberhasilan belajar siswa yakni dengan mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan, dan juga mengevaluasi, dan dapat juga diukur melalui tes objektif dan juga tes subjektif. Kedua, Ranah Afektifyang diterapkan dalam keberhasilan belajar yakni, menunjukkan perilaku jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Dan juga dapat diukur melalui observasi. Ketiga,Ranah Psikomotorik yang dapat diterapkan dalam keberhasilan belajar yakni dengan mengolah, menalar, dan menyajidari pengembangan yang di pelajari di sekolah secara mandiri. Dan juga dapat diukur melalui pengamatan secara langsung serta penilain terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran, dan juga dapat melakukan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_014 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 03:56 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 03:56 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/387 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |