Afandi, Mohammad Sahri (2022) Implementasi Pemetaan Gaya Belajar Terhadap Kesuksesan Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381011123_SAMPUL.pdf Download (180kB) |
|
Text
18381011123_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
halaman pengesahan(1).pdf Download (167kB) |
|
Text
18381011123_ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
18381011123_DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
|
Text
18381011123_BABI.pdf Download (424kB) |
|
Text
18381011123_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
|
Text
18381011123_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
18381011123_BABIV.pdf Download (465kB) |
|
Text
18381011123_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
Text
18381011123_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (384kB) |
|
Text
pernyataan keaslian.pdf Download (191kB) |
Abstract
Kata Kunci: Gaya Belajar, Kesuksesan Belajar, Pelajaran Pendidikan Agama Islam Gaya belajar merupakan kecendrungan siswa untuk mengadaptasi strategi tertentu dalam belajarnya sebagai bentuk tanggung jawab untuk mendapatkan satu pendekatan belajar yang sesuai dengan belajar di kelas/sekolah maupun tuntunan dari mata pelajaran yang berpengaruh terhadap kesusksesan atau hasil belajar. Dalam setiap sekolah, individu atau peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda salah satunya di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu yang setiap siswanya mempunyai gaya belajar yang berbeda sesuai dengan kemampuan dan karakteristik dari masing-masing siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yaitu: Pertama, bagaimana implementasi pemetaan gaya belajar terhadap kesuksesan belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu. Kadua, gaya belajar apa saja yang dipakaidalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu. Ketiga, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pemetaan gaya belajar di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu serta bagaimana cara mengatasi faktor tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi pemetaan gaya belajar terhadap kesuksesan mata pelajaran pendidikan agama islam Di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu, sudah berjalan cukup baik dan bisa dikatakan sukses selama pemetaan gaya belajar diterapkan, dalam penerapannya bisa dikatakan sudah berjalan 70-75% selama tahun ajaran 2021-2022. Kedua, Gaya belajar yang dipakai dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam Di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu dengan cara mengambil gaya belajar yang paling dominan yaitu gaya belajar kinestetik. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan gaya belajar kinestetik serta cara mengatasinya Di SMK Al-Husen Tanjung Pademawu. Ada berbagai faktor yang menjadi pendukung yaitu; sarana dan prasarana semangat guru dalam menjalankan tugasnya, kreativitas guru dalam mengelola proses pembelajaran. faktor penghambatnya yaitu; kemalasan siswa, keadaan kelas yang terkadang kurang terkendali. Adapun beberapa usaha yang dilakukan yaitu; lebih mendekatkan diri terhadap siswa, menjaga komunikasi antara guru dan wali siswa dengan baik, memberikan pemahaman kepada siswa pentingnya belajar baik di sekolah swasta atau negeri dan melakukan kerja sama dengan mitra sekolah atau semua pihak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 31 May 2023 06:40 |
Last Modified: | 31 May 2023 06:40 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3887 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |