Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Pada Kelas X Di SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan

Siddiq, Achmad (2020) Upaya Guru BK Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Pada Kelas X Di SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ach. Siddiq_18201501090007_Cover_BKPI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Ach. Siddiq _ 18201501090007_Halaman Persetujuan _ BKPI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Ach. Siddiq _18201501090007_Halaman Pengesahan_BKPI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Ach.Siddiq_18201501090007_Abstrak_BKPI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Ach. Siddiq_18201501090007_Daftar Isi_BKPI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Ach. Siddiq_18201501090007_Bab I_BKPI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Ach.Siddiq_18201501090007_Bab II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Ach. Siddiq_18201501090007_Bab III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
Ach. Siddiq _18201501090007_Bab VI_BKPI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Ach. Siddiq _18201501090007_Bab V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Ach. Siddiq_18201501090007_Daftar Rujukan_BKPI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Ach.Siddiq_18201501090007_Pernyataan Keaslian Tulisan_BKPI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Ach.Siddiq_18201501090007_Riwayat Hidup_BKPI.pdf

Download (40kB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, komunikasi interpersonal Komunikasi interpersonal sangatlah penting bagi siswa, di lingkungan sekolah siswa dituntut mampu berkomunikasi dengan baik kepada warga sekolah. Siswa yang memiliki perilaku komunikasi interpersonal yang baik akan mudah bersosialisasi dan lancar memperoleh pemahaman dan informasi-informasi penting dari gurunya dan sumber belajar yang ada dilingkungan sekolahnya. Sebaliknya bagi siswa yang belum bisa berkomunikasi interpersonal dengan baik, maka dapat menghambat pembentukan kepribadian dalam kehidupannya, terutama dalam meraih prestasi disekolah dan dikhawatirkan akan menimbulkan masalah lain yang lebih kompleks lagi. Dalam hal ini, Bimbingan dan Konseling memiliki peranan dalam upaya meningkatkan komunikasi interpersonal siswa dilingkungan sekolahnya atau dilingkungan luar sekolah. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada: (1) Bagaimana komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur?; (2) Bagaimana upaya guru BK dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur?; (3)Bagaimana metode layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang di peroleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah pihak-pihak yang menurut peneliti dianggap menguasai di bidang yang di teliti oleh peneliti yaitu guru BK, kepala sekolah, dan siswa. Sedangkan pengecekan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) komunikasi interpersonal sangat penting bagi siwa, karena dengan komunikasi dapat menunjang keberhasilan siswa dalam proses belajar dan sosialnya. Komunikasi interpersonal siswa kelas X SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur beragam ada yang sudah mampu atau terampil berkomunikasi interpersonal, dan ada pula yang masih memiliki kesulitan atau gangguan dalam berkomunikasi interpersonal. (2) upaya guru BK dalam meningkat komunikasi interpersonal siswa yaitu mencari tahu dulu anak yang memiliki gangguan atau kesulitan dalam berkomunikasi interpersonal dengan pengamatan tingkah laku dan dengan pemberian angket sosiometri. Setelah itu melakukan kegiatan bimbingan kelompok. (3) Metode layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa menggunakan metode diskusi kelompok. Tahap-tahap bimbingan kelompok yaitu: pertama, tahap pembentukan kelompok; kedua, tahap peralihan; ketiga, tahap inti kegiatan layanan bimbingan kelompok; keempat, tahap pengakhiran dan penarikan kesimpulan dari kegiatan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 31 May 2023 01:50
Last Modified: 31 May 2023 01:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3995

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item