Mrs, Azizah (2020) Efektivitas Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Ibadah Santriwati Kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. sampul-Azizah 20160701010032.pdf Download (28kB) |
|
Text
2. halaman persetujuan-Azizah 20160701010032.pdf Download (16kB) |
|
Text
3. Halaman Pengesahan-Azizah 20160701010032.pdf Download (23kB) |
|
Text
4. Abstrak-Azizah 20160701010032.pdf Download (10kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR-Azizah 20160701010032.pdf Download (122kB) |
|
Text
6. Daftar Isi-Azizah 20160701010032.pdf Download (9kB) |
|
Text
6. Daftar Isi-Azizah 20160701010032.pdf Download (9kB) |
|
Text
7. BAB I-Azizah 20160701010032.pdf Download (26kB) |
|
Text
8. BAB II-Azizah 20160701010032.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
9. BAB III-Azizah 20160701010032.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
10. BAB IV-Azizah 20160701010032.pdf Download (232kB) |
|
Text
11. BAB V-Azizah 20160701010032.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka-Azizah 20160701010032.pdf Download (12kB) |
|
Text
14. Lampiran-Azizah 20160701010032.pdf Download (252kB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP-Azizah 20160701010032.pdf Download (172kB) |
|
Text
13. pernyataan keaslian tulisan-Azizah 20160701010032.pdf Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti dalam mengungkap fenomena kerja sama yang dilakukan oleh pihak Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumnep terutama guru fiqih kelas II Tsanawiyah. Dengan demikian, penelitian ini akan berusaha untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Kemampuan Ibadah Santriwati Kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep. Fokus Penelitian Ini, ada dua :Pertama,Bagaimana efektivitas pembelajaran fiqih dalam meningkatkan ibadah santriwati kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep?. Kedua, Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat efektivitas pembelajaran fiqih pada santriwati kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep? Penelitian ini menggunakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, karena penelitian kualitatif merupakan sebuah penelitian yang berusaha mengungkapkan keadaan yang bersifat alamiah (kenyataan) secara holistik (utuh). Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Nyai/Ustadzah, guru dan santriwati Madrasah Tsanawiyah kelas II TMI Al-Amien Prenduan Sumenep.kemudian data tersebut dirumuskan dalam bentuk transkip wawancara dan catatan pengamatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas pembelajaran fiqih dalam meningkatkan ibadah santriwati kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep dapat dikatakan sudah cukup baik. Dengan diketahuinya syarat efektif dalam mengajar yang diterapkan yaitu guru mengupayakan agar siswa belajar secara aktif baik mental maupun fisik, mempergunakan banyak metode pada waktu belajar dengan adanya metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode ceramah, metode tanya jawab dan dilanjutkan dengan praktek/gerakan dalam sholat untuk mengetahui kemampuan santriwati dalam menguasai materi dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan motivasi yang tepat, selalu membuat perencanaan sebelum mengajar, guru memiliki keberanian menghadapi semua persoalan yang timbul pada belajar-mengajar, guru mampu menciptakan suasana yang demokratis, guru menstimulasi siswa untuk berfikir, Adanya keterkaitan antara pelajaran yang diterima dengan kehidupan nyata di masyarakat. Faktor yang mendukung dari efektivitas pembelajaran fiqih dalam meningkatkan ibadah santriwati kelas II Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yaitu minat belajar santri wati yang tinggi, faktor ekstern yaitu adanya metode dan media yang bervariasi serta pengaruh teman yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor intern dan faktor ekstern, faktor intern yaitu kurangnya minat belajar siswa.faktor ekstern yaitu metode yang menyenangkan segingga membuat siswa bosan dan pengaruh teman yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 05:12 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 03:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/400 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |