Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI IPA 1 di SMAN 1 Pakong Pamekasan

Waroka, Lia (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI IPA 1 di SMAN 1 Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Lia Waroka_18381092064_Cover_BKPI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_Abstrak_BKPI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Lia Waroka_18281092064_Daftar_Isi_BKPI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_BAB I_BKPI.pdf

Download (563kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_BAB IV_BKPI.pdf

Download (551kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Lia Waroka_18381092064_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_BKPI.pdf

Download (176kB)

Abstract

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Interaksi Sosial Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang memiliki interaksi sosial yang rendah. Dimana siswa cenderung pasif artinya siswa sulit mencari kelompok, sering menyendiri dan tidak suka bergaul bersama teman. Sehingga banyak tedapat siswa yang tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan interaksi sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah treatment yang diberikan peneliti berupa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan interaksi sosial siswa. Ada dua rumusan masalah yang terkandung dalam penelitian ini, 1) Adakah efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial siswa di SMAN 1 Pakong Pamekasan. 2) Seberapa besar efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatan interaksi sosial siswa kelas di SMAN 1 Pakong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan pre�experimental design, desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru BK. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari beberapa dokumen seperti data dari sekolah berupa gambar dan lain sebagainya. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive, dengan jumlah sampel 14 siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 1 Pakong. Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, wawancara, dan uji validitas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon non Parametric Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan interaksi sosial siswa di SMAN 1 Pakong Pamekasan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil pretest yaitu 62,57 dan hasil nilai rata-rata posttest sebesar 86,07. Artinya ada peningkatan nilai rata-rata pretest ke nilai posttest. Kedua, ada perubahan yang signifikan pada skor interaksi sosial siswa kelas XI IPA 1. Diketahui nilai Negative Ranks atau selisih negatif antara pre-test dan post-test yaitu 0, baik pada nilai N, Mean Ranks, dan Sum Rank. Nilai 0 ini menunjukkan bahwa tidak ada penurunan dari nilai pre-test ke nilai post-test serta diketahui hasil nilai Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Sehingga dapat diartikan ada perbedaan yang bermakna pada skor interaksi sosial siswa yang mana bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif dalam meningkatkan interaksi sosial siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 30 May 2023 07:51
Last Modified: 30 May 2023 07:51
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4007

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item