Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMKN 2 Sampang

Aini Romadh, Pramudia Nur on (2022) Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMKN 2 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_cover_BPKI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_lembar_persetujuan_pembimbing_BPKI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_lembar_pengesahan_BPKI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_Abstrak_BPKI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_Daftar_isi_BPKI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_BAB I_BPKI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_BAB II_BPKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_BAB III_BPKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_BAB IV_BPKI.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_BAB V_BPKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_Daftar_pustaka_BPKI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Pramudia Nur Aini Romadhon_18381092092_surat_pernyataan_keaslian_BPKI.pdf

Download (157kB)

Abstract

Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Motivasi Belajar Motivasi disini merupakan dorongan yang muncul pada diri seseorang untuk melakukan suatu hal untuk mencapai tujuan tertentu. Dorongan disini dapat timbul dalam dirinya sendiri atau karena adanya desakan atau anjuran dari orang lain di lingkungannya. Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan. Adanya motivasi disini untuk mendorong siswa belajar secara optimal dengan memberikan arahan atau dukungan untuk tercapainya tujuan dan cita-cita mereka. Sedangkan, layanan bimbingan klasikal merupakan layanan yang diberikan kepada siswa di kelas dalam ruang lingkup rombongan belajar yang disusun dengan baik dan siap untuk diberikan secara terjadwal. Bimbingan klasikal ini sangat cocok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa untuk tercapainya pendidikan yang diharapkan. Bimbingan ini dilakukan dalam lingkup kelas yang dimana mereka akan merasa memiliki dorongan dari teman-teman mereka untuk mencapai sesuatu secara bersamaan. Dalam penelitian ini yang akan diteliti apakah layanan bimbingan klasikal efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMKN 2 Sampang dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMKN 2 Sampang. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang di dalamnya ada treatment (perlakuan). Dengan menggunakan rancangan pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design dengan tujuannuntuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diberikan treatment. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 260 siswa kelas XI di SMKN 2 Sampang dan sampel yang diambil 72 siswa dengan menggunakan teknik random sampling yang terdiri dari 51 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik analisis datanya menggunakan uji validitas, uji reliabitas dan uji hipotesis dengan teknik paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh terlihat bahwa nilai hasil signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 (< 0,05) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata hasil pre-test angket motivasi belajar adalah 48,1667. Sedangkan, nilai rata-rata hasil post-test adalah 58,3333. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Sampang. Dari jumlah keseluruhan, terdapat 64 siswa mengalami skor yang meningkat, 2 siswa dari kelas XI TKR 2 serta 1 siswa dari kelas XI MM 3 tidak ada peningkatan dan 4 siswa kelas XI TKR 2 serta 1 siswa dari kelas XI MM 3 mengalami penurunan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 30 May 2023 07:43
Last Modified: 30 May 2023 07:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4018

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item