Rizma, Faizatur (2022) Penguatan Karakter Siswa Melalui Implementasi Manajemen Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381042131_SAMPUL.pdf Download (23kB) |
|
Text
19381042131_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (178kB) |
|
Text
193810421321_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (266kB) |
|
Text
19381042131_ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
19381042131_KATA PENGANTAR.pdf Download (68kB) |
|
Text
19381042131_DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) |
|
Text
19381042131_BAB I.pdf Download (139kB) |
|
Text
19381042131_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
19381042131_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text
19381042131_BAB IV.pdf Download (474kB) |
|
Text
19381042131_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
Text
19381042131_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
19381042131_SURAT KETERANGAN ASLI.pdf Download (231kB) |
|
Text
19381042131_RIWAYAT HIDUP.pdf Download (261kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penguatan Karakter Siswa, Manajemen, Bimbingan dan Konseling Penguatan karakter siswa merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka membentuk sikap dan sifat alami yang dimiliki oleh siswa dalam merespon situasi dan kondisi yang dialami secara bermoral yang nantinya diharapkan dapat mewujudkan dalam tindakan yang nyata melalui perilaku yang baik, jujur, bertanggung jawab dan memiliki nilai-nilai karakter yang baik. Di MAN 2 Pamekasan program kegiatan tentang penguatan karakter berbasis budaya madrasah, sehingga ada beberapa peraturan yang harus ditatati oleh setiap siswa guna membentuk karakter yang baik. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana perencanaan penguatan karakter siswa melalui mplementasi manajemen bimbingan dan konseling di MAN 2 Pamekasan, kedua bagaimana pelaksanaan penguatan karakter siswa melalui implementasi manajemen bimbingan dan konseling di MAN 2 Pamekasan dan ketiga bagaimana implikasi penguatan karakter siswa melalui implementasi manajemen bimbingan dan konseling di MAN 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Tekhnik pengumpulan data diperleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dikelompokkan menjadi tiga yaitu kepala madrasah, guru bimbingan dan konseling serta siswa/i MAN 2 Pamekasan. Sedangkan analisis data sebelum dan sesudah di lapangan dengan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunaan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan penguatan karakter siswa melalui implementasi manajemen bimbingan dan konseling dilakukan dengan kepala madrasah melakukan rapat dengan membentuk tim pengembang yang terdiri dari guru BK dan guru keagamaan. Kedua, pelaksanan dari adanya program kegiatan penguatan karakter siswa dilakukan setiap hari yang diikuti oleh semua siswa. Tak hanya itu, sebelum pelajaran dimulai siswa diwajibkan untuk membaca asmaul husna, mengaji, doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selain itu, setiap hari Senin juga selalu upacara bendera sebagai bentuk cinta terhadap tanah air dan melakukan kegiatan-kegiatan yang lain sesuai dengan hari keagamaan dan hasi nasional yang lain. Ketiga, implikasi atau dampak positif yang dirasakan oleh siswa dari diterapkapkannya program penguatan karakter siswa diantaranya ada nilai nasionalisme dan religius
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 30 May 2023 07:31 |
Last Modified: | 30 May 2023 07:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4039 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |