Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata pada era new normal di SMPN 1 Larangan

Hidayat, Ferdian (2022) Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah adiwiyata pada era new normal di SMPN 1 Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_Cover_MPI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_Lembar_Persetujuan_MPI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat _18381041049_Halaman Pengesahan_MPI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_Abstrak_MPI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_Daftar_Isi_MPI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_BAB I_MPI.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_BAB IV_MPI.pdf

Download (830kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Ferdian Hidayat_18381041049_Surat_Pernyataan Keaslian_MPI.pdf

Download (339kB)

Abstract

Kata Kunci: pengembangan sekolah adiwiyata Pembentukan sekolah adiwiyata merupakan bagian dari kebijakan pendidikan lingkungan hidup untuk meningkatkan sikap dan perilaku peduli terhadap lingkungan. Kegiatan utama dalam Sekolah Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar. Langkah ataupun strategi yang dimainkan oleh sebuah lembaga pendidikan merupakan wilayah kerja seorang kepala sekolah selaku pimpinan di sekolah tersebut. Berdasarkan penjelasan di atas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, Bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangakan sekolah adiwiyata pada era new normal. Kedua, Bagaimana penerapan kebijakan kepala sekolah guna untuk mengembangkan sekolah adiwiyata pada era new normal. Ketiga, Apa saja faktor pendukung dan penghambat terhadap pengembangan sekolah adiwiyata pada era new normal. Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Guru. Penggunaan penelitian dengan metode kualitatif dan jenis deskriptif adalah untuk mencocokkan antara realita yang ada dilapangan dengan teori yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi kepala sekolah dalam mengembangakan sekolah adiwiyata pada era new normal dilakukan dengan cara melibatkan semua elemen warga sekolah utamanya siswa untuk sama-sama merawat lingkungan sekolah. Dan juga kepala sekolah membuat tim khusus untuk mengatur terkait program adiwiyata. Kedua, Penerapan kebijakan kepala sekolah guna untuk mengembangkan sekolah adiwiyata pada era new normal dilakukan dengan cara kepala sekolah membuat kebijakan yang dapat menghasilkan dampak positif bagi lingkungan sekolah, seperti halnya mewajibkan semua warga sekolah untuk peduli lingkungan, mewajibkan wali kelas untuk mensosialisasikan lingkungan kepada peserta didik. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat terhadap pengembangan sekolah adiwiyata pada era new normal faktor pendukungnya yaitu warga sekolah ikut membantu terhadap menjaga lingkungan sekolah, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya rasa malas yang timbul untuk menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan rapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 30 May 2023 07:27
Last Modified: 30 May 2023 07:27
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4041

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item