M. Holili, M. Holili (2022) Manajemen Program Pendidikan Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komuniasi (PRODISTIK) Dalam Meningkatkan Kemampuan Bidang TIK Siswa di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381041082_SAMPUL.pdf Download (212kB) |
|
Text
18381041082_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (132kB) |
|
Text
18381041082_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (423kB) |
|
Text
18381041082_ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
18381041082_KATA PENGANTAR.pdf Download (658kB) |
|
Text
18381041082_DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
18381041082_BABI.pdf Download (263kB) |
|
Text
18381041082_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
Text
18381041082_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
18381041082_BABIV.pdf Download (1MB) |
|
Text
18381041082_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
18381041082_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (168kB) |
|
Text
18381041082_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
18381041082_RIWAYAT HIDUP.pdf Download (90kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Prodistik, Kemampuan Siswa, Bidang Teknologi. Pengetahuan dan kemampuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan di era globalisasi saat ini, maka dari itu pendidikan dituntut untuk dapat memberikan program yang tepat kepada siswa, salah satunya program prodistik yang memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi topik atau pembahasan dalam penelitian ini yaitu: Pertama, perencanaan prodistik dalam meningkatkan kemampuan bidang TIK siswa di MAN 1 Pamekasan, Kedua, pelaksanaan prodistik dalam meningkatkan kemampuan bidang TIK siswa di MAN 1 Pamekasan, Ketiga, evaluasi prodistik dalam meningkatkan kemampuan bidang TIK siswa di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber informasinya kepala sekolah, ketua prodistik, instruktur prodistik dan peserta didik di MAN 1 Pamekasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan prodistik di MAN 1 pamekasan yakni dengan melakukan survei dan rapat internal, setelah diputuskan menjadi program unggulan kemudian melakukan MOU dengan ITS, dan menentukan jurusan yang akan terapkan, instruktur prodistik sebelum mengajar harus sudah mengikuti TOT. Kedua, dalam pelaksanaan Prodistik tidak diwajibkan kepada siswa karena beberapa kendala, kurikulum mengikuti dari ITS dengan sistem kredit semester (SKS) dan metode pembelajarannya menggunakan teori dan praktek. Kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti prodistik yakni sesuai dengan jurusan yang ditempuh diantaranya perkantoran, desain grafis, editing video, robotik dan programmer. Ketiga, evaluasi prodistik di MAN 1 yakni dengan evaluasi perkembangan siswa dengan pemberian tugas persemester, dan tugas akhir. Kemudian tindak lanjut evaluasi kepada siswa yang tidak lulus dalam pemberian tugas persemester dilakukan pendampingan dan pemberian tugas tambahan berupa memperbaiki tugas yang sebelumnya diberikan. Kemudian kendala ketika pelaksanaan prodistik yakni mengenai sarana prasarana, pembiayaan dan keaktifan siswa. Jadi dalam menunjang kemampuan bidang TIK siswa melalui program prodistik maka dalam pelaksanaannya harus ada proses manajemen yang diterapkan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guna program yang diterapkan berjalan secara efektif dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 30 May 2023 07:26 |
Last Modified: | 30 May 2023 07:26 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4046 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |